Siapakah Oknum Petugas Terlibat Dalam Aktifitas Mafia Tambang Emas illegal di Kabupaten Pasaman Barat Seakan Tidak  Tersentuh Hukum

20963

JURNAL SUMBAR | Pasaman Barat –  Aktifitas tambang emas ilegal masih marak di kabupaten Pasaman Barat, seperti tidak tersentuh hukum pihak mafia tambang emas melancarkan aktifitas nya dengan santai seolah- olah mafia tambang bisa mengendalikan hukum.

Ada beberapa titik Aktifitas tambang emas ilegal di kabupaten Pasaman Barat seperti di Nagari talu,jorong tombang Nagari Sinuruik,Nagari ranah batahan,Nagari ranah batahan barat serta jorong lubuk baka.

Kegiatan tambang emas ilegal di Pasaman Barat bukan kali ini saja terjadi bahkan mafia tambang emas ilegal di wilayah Pasaman Barat seakan tidak jerah walaupun pihak kepolisian dari Ditreskrimsus Polda Sumbar bahkan mabes polri melakukan penangkapan di wilayah hukum polres pesaman barat namun kata berhenti tidak akan pernah ada lantaran kuat dugaan ada mafia besar di balik tambang emas illegal Pasaman Barat.

Mafia tambang emas ilegal kalau tidak pernah di kasih ruang tidak akan sanggup melakukan aktifitas yang bertentangan dengan hukum namun oleh oknum penegak hukum ruang tersebut di buka luas lantaran ada ada permain seperti setoran (ado Piti bulieh karajo kalau indak bapiti Jan cubo- cubo karajo ambo tangkok) seperti itulah bahasa yang selalu di pakai di dunia Mafia tambang emas illegal.

Tim Cakrawala.co berusaha mengecek beberapa titik lokasi penambangan emas secara ilegal di Pasaman Barat hampir mayoritas lokasi penambangan bersentuhan dengan hutan lindung walaupun sebagian ada juga tanah milik masyarakat setempat namun fatalnya akibat aktifitas tambang emas ilegal kerusakan alam semakin meluas pencemaran sungai semakin parah serta musibah banjir akan terus di rasakan oleh masyarakat setempat.

Marak Aktifitas Tambang Emas IlIegal di Pasaman Barat Kuat Dugaan Dibekingi Oknum Aparat

Menurut salah satu warga Pasaman Barat BP (46) Selasa (2/4/2024) ketika di wawancara media ini mengatakan kami masyarakat Pasaman Barat hanya dapat dampak besar akibat aktifitas tambang emas ilegal contonya seperti musim hujan sudah pasti banjir melanda perkampungan kami bukan itu saja mafia tambang ini selalu mengatas nama kan masyarakat kecil karena kasian Ama masyarakat dibukanyalah tambang padahal itu hanya dalil supaya mafia tambang bisa berkerja di wilayah kami mereka yang dapat untuk kami masyarakat disini yang dapat musibah ujarnya.

Kuat dugaan aktifitas tambang emas Ilegal di kabupaten Pasaman berjalan lancar ada keterlibatan oknum petugas pembeking untuk perunit alatberat jenis excavator bekerja untuk tambang emas di banderol 30-40 juta per unitnya per satu bulan.

Bukan itu saja kami memintak ke bapak kapolri jenderal Listyo sigit Prabowo bapak panglima TNI Agus Subianto kalau ada oknum yang terlibat baik itu polisi maupun TNI mohon di tindak tegas terkait pembekingan tambang emas ilegal di wilayah Pasaman barat kalau tidak di tindak tidak akan pernah ada efek jerah paling di tutup sebentar sudah tidak beboh lagi dibuka kembali aktifitas yang merugikan mayoritas warga Pasaman Barat tutupnya. (Beni roska)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here