Bencana Banjir Lahar Dingin di Sumbar, 59 Orang Tewas dan 16 Masih dalam Pencarian

HLP

JURNAL SUMBAR | Agam – Tim SAR (search and rescue) gabungan hingga Rabu (15/5/2024) sampai pukul 18.00 WIB, telah menemukan tiga lagi korban banjir lahar dingin dan longsor di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, jumlah korban yang sudah ditemukan semuanya 59 orang, dan 16 orang lagi masih dalam pencarian.

Kepala Kantor Basarnas Padang, Abdul Malik menjelaskan, memasuki hari ke lima bencana banjir lahar dingin dan longsor, korban yang meninggal dunia ada 59 orang, jumlah ini terdiri dari Kabupaten Tanah Datar, Agam, Kota Padang Panjang dan Padang.

Warga Sijunjung Dihebohkan Ada Penemuan Tiga Mayat Mengapung di Batang Ombilin dan Silukah

“Saat ini dalam pencarian 16 orang, terbagi 15 di Tanah Datar dan 1 orang di Agam. Hari ini juga ada tiga orang ditemukan, saat ini di identifikasi DVI tentunya kita menunggu data dari DVI,” ujarnya, Rabu (15/5/2024) kepada wartawan.

Abdul Malik mengakui ada perbedaan data pihaknya dengan BNPB, jika BNPB hari ini sampai pukul 12.10 WIB korban meninggal banjir dan longsor sudah mencapai 62 orang, sedangkan orang hilang 25 orang.

“Mengenai beda data BNPB kemungkinan itu data keseluruhan Sumatra Barat dengan data yang belum ditemukan,” kata Abdul.

Kendala yang dihadapi oleh tim SAR gabungan saat ini adalah radius banjir lahar dingin ini sangat luas, material lumpur, batu-batu dan kayu sangat banyak.

Epi

“Kemudian sore hari lokasi pencarian hujan deras. Cuaca menjadi hambatan. Pencarian masih dilanjutkan tanggap darurat Tanah Datar dan Agam masih berlangsung tentunya luas pencarian akan kita evaluasi lagi,” ujarnya.

Mengenai jumlah korban terus bertambah, kata Abdul, itu hasil laporan dari masyarakat ke posko, namun itu akan di update dan dievaluasi tim.

“Kami menerima laporan keluar yang terus kami update yang ada di posko ini ada di Tanah Datar, tapi kami mengupdate juga dari Agam, khususnya Basarnas,” katanya.

Tambah Abdul, kemudian dengan laporan dari pihak keluarga korban ini kami evaluasi apabila menerima laporan dari tanah datar tentunya teman-teman akan melakukan pencarian di Tanah Datar.

“Hari ini ada laporan masuk 5 orang, ini belum kami beritahu sama kawan-kawan ini karena ini tahap evaluasi,” ungkapnya.

Mengenai update data, korban meninggal dunia di Kabupaten Agam, 23 orang dan masih dicari 1 orang, Kabupaten Tanah Datar, korban yang meninggal 27 orang dan masih dalam pencarian 15 orang. Sementara Kota Padang Panjang dan Kota Padang masing-masing 2 orang. Dan masih dalam proses identifikasi 5 orang, total seluruhnya 59 orang.

Sebelumnya, juga ditemukan mayat terapung tanpa identitas di Batang Ombilin Koto VII , Silukah Nagari  Sijunjung dan di Kuantan Singigih. Mayat-mayat tersebut dibawa ke RSUD Sijunjung di Tanah Badantung. berbagai sumber/*.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.