Longsor Sitinjau Lauik rute Padang-Solok Memakan Korban, Dua Mobil Masuk Jurang

JURNAL SUMBAR | Padang – Longsor yang memutuskan jalan Sitinjau Lauik rute Padang-Solok pukul 16.15 WIB, pada Minggu (12/5/2024) membuat gubernur Sumatra Barat, yang ikut terjebak saat menuju Kota Padang turun tangan mengevakuasi korban yang terseret longsor.

Kepala Biro Adpim Setda Prov Sumbar, Mursalim mengatakan, saat kejadian, iring-iringan rombongan Gubernur Sumbar nyaris menjadi korban. Sebab di waktu bersamaan, mereka hendak melintas menuju Kota Padang usai melakukan peninjauan bencana di Kabupaten Tanah Datar.

“Beruntung gubernur dan rombongan tidak menjadi korban, meskipun kejadian itu berlangsung di hadapannya,” ungkap Mursalim di Padang, Minggu (12/5/2024) kepada wartawan.

Dalam insiden itu, ada 2 unit kendaraan minibus yang terbawa material longsor ke dalam jurang. Terkait hal tersebut, ia menjelaskan, berdasarkan informasi yang diterimanya dari tim di lapangan.

Epi

Gubernur beserta rombongan tim humas dibantu beberapa warga langsung turun ke dasar jurang untuk melakukan evakuasi korban.

“Ada enam orang yang menjadi korban dari terseret nya 2 kendaraan minibus tersebut. Satu orang di antaranya terjepit pintu dan kritis, sementara lima orang lainnya luka-luka. Hingga saat ini, proses evakuasi masih berlangsung. Namun Gubernur dan rombongan mengalami kesulitan karena terbatasnya peralatan dan pencahayaan,” jelas Mursalim.

Mursalim tidak bisa memastikan apakah saat itu regu penolong telah sampai di lokasi atau belum, sebab dirinya tidak ikut dalam rombongan dan hanya menerima laporan via sambungan telepon dari Tim humas yang sedang bertugas mengiringi Gubernur di lapangan.

“Kita tadi hanya tersambung melalui telepon dengan tim yang di lapangan, itu pun putus-putus. Sebab sinyal di daerah tersebut memang kurang bagus. Tapi yang pasti Gubernur aman dan evakuasi korban saat ini sedang diupayakan,” pungkasnya.*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.