Puluhan Pemandu Wisata Dilatih, Ini Harapan Bupati Sijunjung

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sebanyak 30 orang pemandu Geowisata se-Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, ikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinas Parpora) Kabupaten Sijunjung di Hotel Bukit Gadang Muaro selama 3 hari, yaitu dari Senin hingga Rabu, 13 s/d 15 Mei 2024.

Pelatihan itu dibuka Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, diwakili Kadis Parpora, Afrineldi, S.H., pada Senin 13 Mei 2024 tersebut dihadiri Sekretaris Dinas, Desmawati, S.E.,M.Si., serta Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Parpora, Sparta, S.E., M.Si.,

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir

Dalam sambutannya, Kadis Parpora Afrineldi mengatakan bahwa dalam pengembangan geopark ranah minang silokek dibutuhkan pemandu geowisata sebagai pusat informasi bagi para pengunjung.

“Peningkatan sumber daya manusia (SDM) pengelola objek wisata harus selalu kita lakukan, sehingga terdapat pemerataan kemampuan bagi seluruh anggota pokdarwis, pengelola objek wisata harus bisa mengikuti pelatihan, dan memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya masing – masing,”ujar bupati seperti disampaikan Kadis Parpora.

Ia menambahkan, bahwa pada saat ini kegiatan wisata alam menjadi objek wisata yang banyak diminati, sehingga menjadi peluang dalam membangun kepariwisataan di Indonesia bahkan di Kabupaten Sijunjung yang memiliki tempat-tempat wisata yang masih alami.

Epi
Afrineldu, S.H., Kadis Parpora Sijunjung

“Pemerintah Daerah sangat mendukung terhadap kegiatan peningkatan sumber daya manusia, diantaranya memberikan pelatihan untuk pokdarwis – pokdarwis yang ada di Kabupaten Sijunjung seperti saat ini,”sebut bupati.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Parpora, Wilda Ardes, S.T., M.T., selaku panitia pelaksana mengatakan bahwa Pelatihan Pemandu Geowisata ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi Pengelola objek wisata agar dapat memenuhi standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) bidang kepemanduan.

Wisata Arung Jeram juga ada di Geopark Silokek

Peserta pelatihan teraebut, lanjut Wilda berasal dari kelompok sadar wisata dan pengelola objek wisata dan Masyarakat yang tinggal di Geosite Geopark Ranah Minang Silokek.

Sedangkan narasumber pada pelatihan ini tambah Wilda berasal dari Pemerintah Daerah  Sijunjung, BP Geopark Ranah Minang Silokek, IAGI Sumbar, Akademisi, dan Pemuda Pelopor Nasional.andri/yudalius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.