Masyarakat Nagari Muaro Berkaul Adat, Ini Pesan Bupati Sijunjung

HLP

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat,  Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si Sutan Gumilang hadiri acara doa menolak bala sekaligus berkaul adat turun kesawah yang digelar Masyarakat Nagari Muaro bertempat di Masjid Istiqomah Muaro, Jum’at 31 Mei 2024.

Didampingi oleh Staf Ahli, Jhon Kenedi beserta beberapa orang Kepala OPD, Dirut PDAM, Doni Novriendi, Sekam Sijunjung, Erik Sadenov dan unsur forkopincam Sijunjung, Bupati Benny menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Niniak Mamak dan Masyarakat Nagari Muaro yang masih menggelar tradisi doa tolak bala dan berkaul adat ini.

“Tradisi seperti ini sudah mulai jarang dilakukan, namun Nagari Muaro tetap mempertahankan tradisi yang sakral ini. Tradisi seperti menolak bala dan berkaul adat ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin tahunan untuk menunjang Geopark Silokek yang menjadi tema pembangunan Kabupaten Sijunjung,”ujar Benny.

idul adha

Dengan memanjatkan doa bersama ini lanjut Benny, diharapkan daerah kita khususnya Nagari Muaro dan umumnya Kabupaten Sijunjung terhindar dari segala macam bencana dan berharap hasil panen tahun depan lebih baik lagi dari tahun tahun sebelumnya.

Epi

“BMKG merilis, cuaca ektrim ini akan berakhir di bulan Desember. Oleh karena itu kami menghimbau kepada masyarakat kita yang tinggal di tepi sungai atau di tepi tebing agar selalu hati hati dan selalu waspada,”pesan Bupati Benny.

Sementara itu, Wali Nagari Muaro yang diwakili Sekretaris Nagari, Alfauzan Okta Panji menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sijunjung beserta jajaran yang telah hadir pada acara doa bersama menolak bala dan berkaul adat turun kesawah pada hari ini.

“Atas nama pemerintah Nagari Muaro dan masyarakat, kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan suport Bupati Sijunjung Benny Dwifa yang juga merupakan warga Nagari Muaro yang hadir langsung pada acara berkaul adat sekaligus menolak bala walaupun ditengah kesibukan beliau,”ujar Fauzan.

Senada dengan Wali Nagari, Ketua KAN Nagari Muaro, Aa.Dt. Rajo Nan Putiah pada kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Bupati Sijunjung beserta jajaran. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bundo Kanduang yang telah menyediakan nasi untuk makan bersama pada acara tersebut.andri

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.