Bupati Sijunjung Launching Aplikasi Webgis Satu Pena Produk DPMN

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Untuk mempercepat pencapaian program desa mandiri di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Bupati Benny Dwifa Yuswir, S. STP, M. Si melaunching WEBGIS “Satu Pena” (Satu Data Terpadu Perencanaan Pembangunan Desa/Nagari).

Launching itu sendiri dilaksanakan di Hotel Rocky Padang pada Jum’at, 21 Juni 2024, disaksikan Wakil Bupati, H. Iraddatillah, S. Pt, Ketua TP PKK, Ny. Nedia Fitri Benny Dwifa dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari Kabupaten Sijunjung, Joni Antonius, S. Hut. T beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Bupati Benny Dwifa menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Dinas PMN Kabupaten Sijunjung, Joni Antonius yang telah membuat aplikasi melalui proyek perubahan pelatihan kepemimpinan tingkat II (PKN II) dengan judul akselerasi desa/Nagari mandiri dengan satu data Terpadu perencanaan pembangunan desa/Nagari “Aksi Satu Pena”.

Bupati Benny mengatakan, Desa mandiri merupakan salah satu indikator pembangunan daerah yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Sijunjung  tahun 2021-2026. Desa mandiri adalah sebuah konsep  pembangunan yang ditetapkan pada  pemberdayaan masyarakat dalam mengelola  potensi lokalnya secara mandiri guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk meningkatkan kemandirian desa  diperlukan kerjasama yang melibatkan beragam sektoral dan stakeholder, serta inovasi dalam menunjang pencapaian indikator IDM agar tercapai status mandiri.

Epi

Salah satu inovasi dalam penyediaan data perencanaan pembangunan dalam WEBGIS  yang memberikan data dan informasi  terkait dengan status Nagari  dan kondisi aktual nagari.

“Dengan dilaunchingnya aplikasi ini diharapkan  dapat meningkatkan kemandirian nagari dan menyelesaikan persoalan persoalan dalam pembangunan nagari yang penggunaannya untuk semua  stakeholder pembangunan desa/Nagari. Semoga kedepan akselerasi desa/nagari mandiri semakin cepat dan mencapai target, ” harap Bupati Benny Dwif.

Kepala Sijunjung, DPMN, Joni Antonius

Sementara itu Kepala Sijunjung, DPMN, Joni Antonius pada kesempatan itu mengucapkan Terima kasih kepada Bupati Sijunjung yang telah melaunching aplikasi WebGIS Satu Pena  dalam rangka mendukung percepatan  pencapaian program desa mandiri di Kabupaten SSijunjung.

Joni mengatakan bahwa untuk mengukir nilai IDM agar Desa/Nagari mencapai kemandirian dibutuhkan perencanaan program kegiatan yang sesuai dengan kondisi  objektif Desa yang dapat dilihat dari WEBGIS yang menyediakan data kondisi objektif Desa.

“WEBGIS satu Pena yang memuat data Nagari di Kabupaten Sijunjung serta juga terdapat data perkembangan IDM pertahun ini dapat kita akses melalui platform apa saja di Laptop maupun di Smartphone, ” ujar Joni. andri/ak

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.