Disaksikan Bupati Sijunjung Kalahkan Filipina 2-0, Pastikan Indonesia Tampil di Piala Asia 2027

HLP

Indonesia mengalahkan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (foto/Ist)

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Benny Dwifa Yuswir, S.STP., M.Si., bersama anggota Satpol PP yang piket, di pos  penjagaan rumah dinas bukit berbunga Muaro Sijunjung langsung menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia melawan Filipina dilayar televisi.

Rasa bangga pun terpancar diwajah bupati milineal itu, ketika jala gawang Filipina bergetar dan sikulit bundar bersarang digawang Filipina.

idul adha

Gol..gol, suara riuh pun menggema ketika anak-anak Tim arahan Shin Tae Yong membobol jala gawang Filipina.

Nonton bareng tersebut, Bupati Benny juga ditemani Ketua Baznas Sijunjung, Hidayatullah dan Kepala Kantor Kesbang Linmas, Sukardi Ray.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024).

Indonesia pun lolos ke babak ketiga dan memastikan diri tampil di Piala Asia 2027.
Timnas Indonesia tampil dominan sejak awal babak pertama. Skuad Garuda terus menekan pertahanan Filipina dan menciptakan peluang demi peluang.

Setelah sejumlah peluang terbuang, Timnas Indonesia akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-32. Gol pertama Timnas Indonesia dicetak oleh Thom Haye.

Menerima umpan dari Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye langsung berlari menuju ke kotak penalti Filipina. Namun sebelum memasuki kotak penalti, Thom Haye memutuskan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Tembakan Thom Haye meluncur indah masuk ke gawang tanpa bisa dibendung oleh kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza. Mendoza hanya bisa terpana melihat bola masuk ke gawang.

Epi

Unggul satu gol di babak pertama membuat Timnas Indonesia tampil lebih percaya diri di babak kedua. Skuad Garuda langsung menekan begitu babak kedua dimulai.

Tim arahan Shin Tae Yong ini sadar bahwa keunggulan satu gol belum benar-benar membuat mereka bernapas lega. Gol yang diharapkan kemudian hadir di menit ke-56 lewat Rizky Ridho.

 

Gol tersebut bermula dari skema bola mati. Tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On sukses disambut oleh sundulan kepala Rizky Ridho yang lepas dari kawalan pemain-pemain Filipina.

Memimpin dua gol tak membuat Timnas Indonesia menurunkan ritme permainan. Mereka terus menekan pertahanan Filipina sedangkan Filipina hanya bisa sesekali memberikan serangan ke pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-71, Timnas Indonesia nyaris mencetak gol ketiga. Sayangnya sundulan Jay Idzes hasil umpan sepak pojok Thom Haye hanya membentur tiang.

Filipina sendiri tidak putus asa untuk bisa mencetak gol ke gawang Indonesia. Dalam upaya mencetak gol ke gawang Indonesia, pemain Filipina Adrian Ugelvik mengalami cedera saat berbenturan dengan Ernando Ari pada menit ke-85. Ambulans lalu masuk ke lapangan untuk melakukan evakuasi dan membawa Ugelvik mendapatkan perawatan lanjutan.

Pertandingan sempat terhenti sekitar enam menit akibat insiden tersebut. Di sisa waktu yang ada, tak ada gol yang tercipta. Indonesia menang 2-0 dan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus memastikan diri lolos ke Piala Asia 2027.

Indonesia (3-4-3)

Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On (Ivar Jenner 63), Calvin Verdonk (Pratama Arhan 67); Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick (Yakob Sayuri 63)

Filipina (4-2-3-1)

Kevin Ray Mendoza (PG); Scoot Woods, Andrian Ugelvic, Santiago Rublico, Jesper Nyholm; Michael Baldisimo (Amani Aguinaldo 72), Kevin Ingreso; Dylan Demuynck, Zico Balley, Alex Monis (Pail Bismarck Tabinsa 67); Patrick Reichelt (Pocholo Bugas 67). sumber; CNN Indonesia/JS-001.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.