Cegah Penyakit Polio, Camat Kamangbaru Sijunjung Launching Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Camat Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung, Sumateta Barat, Asrijal,S.H., melaunching Pekan Imunisasi Nasional Polio Serentak Se-Indonesia Tahun 2024 di wilayah kerja Puskesmas Kamang, di Nagari Kunangan Parit Rantang (Kunpar) pada Selasa (23/7/2024).

Launching pekan imunisasi nasional polio dilaksanakan serentak Se-Indonesia merupakan upaya untuk menyehatkan dan mencerdaskan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Camat Kamangbaru, Asrijal,S.H., menjelaskan, imunisasi polio sangat penting untuk melindungi anak-anak dari penyakit polio, penyakit polio sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kelumpuhan cacat seumur hidup.

Mantan Camat Kuoitan itu juga menghimbau kepada orang tua di Kecamatan Kamangbaru untuk membawa anak-anaknya ke posyandu atau tempat yang ditunjuk untuk mendapatkan pelayanan imunisasi.

“Imunisasi polio ini aman dan gratis jangan ragu untuk mendapatkan vaksin polio,”ucap putra asli Kubuktarok itu.

Canat juga menyampaikan kepada seluruh sekolah-sekolah pastikan bahwa seluruh anak-anak kita mendapatkan vaksin polio karena ini sangat penting akan menjaga kesehatan anak-anak generasi masa depan.

OTW 2

“Adanya vaksin polio ini kita tentu berharap akan menjaga masa depan anak-anak bangsa menuju Indonesia Emas 2045. Jika dari kecil mereka tidak kita siapkan antibodi dalam menghadapi penyakit-penyakit yang menakutkan dan mematikan seperti polio, maka akan berdampak besar bagi kesehataannya karena polio bisa menyebabkan kelumpuhan,” ucap Kepala Puskesmas Kamang, Harfisucipro, S.Kep .

Launching itu ditandai pengguntingan vita serta pelepasan ratusan balon dan penetesan vaksin polio oleh Camat Asrijal S.H., kemudian diikuti oleh Walinagari Kunfar diwakili oleh Sek Nagari, Ilvendry, serta dilanjutkan oleh Kepala KUA, Kapolsek, Danramil.

Camat dalam sambutannya juga berharap dukungan dan kerja sama lintas sektor agar pelaksanaan PIN Polio ini dapat berjalan dengan sukses serta tercapainya target program Puskesmas Kamang serta target Pemerintahan Kabupaten Sijunjung, sehingga terbebasnya anak balita dari penyakit menular, sehingga didapatkan generasi yang sehat dan cerdas ujarnya.

Kepala Puskesmas Kamang, Harfisucipro, S.Kep dalam sambutannya menyampaikan, bahwa penyakit Polio tidak dapat diobati hanya dapat kita cegah melalui vaksinasi, untuk itu pemerintah telah menyiapkan vaksin nOPV-2 yang berikan pada anak sasaran 0 / 8 tahun kurang 1 hari atau 83 bulan 29 hari.

“Untuk wilayah kerja Puskesmas Kamang jumlah total sasaran Pin Polio kita 3.898 orang yang tersebar di 3 Nagari 24 Posyandu dan 25 Sekolah dasar, TK, PAUD. Kami tim Puskesmas Kamang sangat yakin dapat mencapai target yang ditetapkan dengan dukungan kuat dari semua unsur forkofincam, kader serta kepala sekolah diwilayah kerja Puskesmas Kamang, untuk kami sangat bersyukur dan beterima kasih kepada semua pihak,”papar Kapus Kamang. Cip

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.