Jelang Pilkada, KPU Sijunjung Gelar Rakor, Ini yang Dibahas

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sijunjung menggelar rapat koordinasi persiapan tahapan pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024 selama dua hari dari tanggal 5-6 Juli di Hotel The ZHM Premiere Padang dengan berbagai stakeholder di Kabupaten Sijunjung.

Rapat tersebut membahas sejumlah isu krusial terkait persiapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati. Beberapa poin utama yang dibahas antara lain meliputi persoalan, yakni persiapan Pemungutan suara ulang untuk anggota DPD RI, pemutakhiran data pemilih, Tahapan Kampanye, keamanan, kesehatan dan penyaluran logistik serta isu lainnya.

Plh Ketua KPU Sijunjung Bayu Agung Perdana dalam sambutannya menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara semua pihak, baik itu KPU, Pemerintah daerah Sijunjung, PPK,KPPS, Polri,TNI serta Kecamatan untuk memastikan pelaksanaan pemilihan Kepala daerah secara serentak tersebut bisa berjalan lancar dan aman

”Rapat ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antar instansi dan memastikan bahwa semua persiapan berjalan sesuai rencana. Dengan demikian, masyarakat Kabupaten Sijunjung dapat menjalankan hak pilihnya dengan aman dan nyaman,” ujarnya.

Bayu juga menyampaikan bahwa tahapan pemilu kali ini tidak hanya Pilkada Bupati dan Wakil Bupati, akan tetapi juga tahapan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Oleh karena itu, Bayu menuturkan bahwa kesuksesan tahapan Pilkada harus melalui penguatan antar lembaga yang selalu berkomunikasi dan berkoordinasi serta sinergitas semua komponen yang sama-sama mensukseskannya.

Epi

“Kepada kita semua komponen baik Kejaksaan, Polres, wartawan dan lainnya bisa bersinergi dalam menjalankan tahapan Pilkada sebagaimana yang diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 yang mengatur mengenai jadwal dan tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024,”terangnya.

Sementara itu, Juniwandri SH,M.Kn selaku Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sijunjung Divisi sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM menambahkan ratusan petugas Pantarlih mulai melakukan proses coklit pemutakhiran data pemilih hingga 24 Juli 2024 mendatang.

“Penting adanya partisipasi aktif dari seluruh masyarakat. Serta untuk memastikan kelancaran dan keakuratan data pemilih pada Pilkada 2024 saat dilakukan coklit oleh petugas Pantarlih,” katanya.

Menurutnya, Proses coklit yang akan berlangsung hingga 24 Juli 2024 mendatang tersebut merupakan langkah krusial dalam memverifikasi serta memutakhirkan data pemilih. Karena itu, pihaknya menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam memberikan data yang benar dan lengkap kepada petugas Pantarlih yang akan mendatangi setiap rumah warga.

“Kami sangat berharap stakeholder beserta masyarakat yang memiliki hak pilih dapat mendukung penuh proses Coklit ini dengan memberikan informasi yang akurat kepada petugas kami dilapangan. Partisipasi aktif dari warga wajib pilih juga sangat penting untuk memastikan Pilkada 2024 berjalan dengan lancar dan demokratis,” terangnya.

Juni Wandri berharap dengan rapat koordinasi antara stakeholder yang dilaksanakan tersebut bisa memberi masukkan-masukkan dari semua komponen untuk penguatan antar lembaga demi suksesnya Pilkada Serentak 2024.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir SSTP,M.SI, KPU Provinsi yang diwakili oleh Medo Putra selaku divisi Perencanaan data dan Informasi, Kapolres Sijunjung, Kejari Sijunjung, Dandim 0310/SS, Kepala OPD, para Kapolsek, Danramil, Camat, Bawaslu serta PPK SE Kabupaten Sijunjung.rel/og/hln

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.