Libatkan PPK, PPS dan KPPS Di Nagarii, KPU Sijunjung Sosialisasikan PSU DPD RI

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sijunjung, Sumatera Barat, melakukan sosialisasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di sejumlah nagari yang melibatkan PPK, PPS dan KPPS di daerah itu.

Sosialisasi itu dilakukan jelang pelaksanaan PSU DPD RI yang akan berlangsung pada Sabtu 13 Juli 2024 mendatang.

Ada cara unik yang dilakukan KPU Sijunjung, melalui PPK, PPS dan KPPS -nya. Yakni, dengan cara pawaidengan menggunakan alat pengeras suara masuk jorong ke luar jorong, dan ada dengan jalan kaki beramai-ramai, bersepeda motor bahkan juga ada menggunakan becak hingga mobil ambulance yang berhasil menyedot perhatian warga.

“Kami melakukan sosialisasi PSU DPD RI, menjalin kerja sama dengan PPK, PPS dan KPPS,” kata Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Pemilih Masyarakat dan SDM KPU Sijunjung, Juni Wandri, Rabu (10/7/2024) malam.

Ia juga mengatakan, pihaknya juga telah meminta badan ad hoc yang ada di KPU Sijunjung agar bekerja sama dengan pemerintah nagari serta pengurus masjid dan mushala untuk menyosialisasikan terkait dengan PSU.

“Kami juga meminta badan ad hoc membuat kegiatan kreatifitas di nagari masing-masing, apakah mereka melakukan kampanye atau kegiatan lainnya,” katanya.

Epi

Ia menyampaikan puncak dari kegiatan sosialisasi tersebut yaitu pada saat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengantarkan surat pemberitahuan dilakukan pemungutan suara yang dilengkapi dengan brosur kepada pemilih.

Di dalam brosur tersebut, lanjutnya terdapat ajakan memilih, daftar calon tetap DPD RI, serta persyaratan yang perlu dibawa saat memilih ke Tempat Pemungutan Suara.

KPU Sijunjung, kata Juni, juga menggiatkan sosialisasi di media massa serta memanfaatkan media sosial agar pengguna media sosial di daerah itu mengetahuinya.

“Kami termasuk teman-teman ad hoc, setiap hari mengunggah terkait sosialisasi PSU di seluruh akun media sosial yang dimiliki,” ujar Juni lagi.

Juni Wandri

Unggahan di media sosial terkait sosialisasi PSU tersebut, lanjutnya dilakukan tidak saja di akun milik KPU namun juga pribadi yang dilakukan setiap hari.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan memasifkan sosialisasi terkait pemungutan suara ulang atau PSU calon anggota DPD RI periode 2024-2029, guna meningkatkan partisipasi pemilih.

“Berhubung tidak ada kampanye dalam tahapan PSU, KPU akan memasifkan sosialisasi kepada masyarakat,” tambah Juni.Ia yakin, partisipasi pemilih di Ranah Lansek Manih tinggi.

“Kalau Pemilu lalu, partisipasi pemilih di Kabupaten Sijunjung mencapai 80 persen, semoga di PSU DPD RI ini juga begitu,”harapnya.JS-001/*

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.