Wabup Sijunjung Serahkan Kenderaan Dinas pada Penyuluh dan Bibit Pertanian kepada Petani

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Untuk meningkatkan mobilitas dan kinerja para penyuluh pertanian dalam membimbing para petani maka Pemerintah Daerah melalui Dinas pertanian Kabupaten Sijunjung menyerahkan bantuan kendaraan berupa sepeda motor dan bibit yang dilaksanakan didepan kantor Dinas Pertanian setempat pada Selasa, (23/7/2024).

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati ( Wabup) Sijunjung, Iraddatillah, yang didampingi Kapala Dinas Pertanian, Ronaldi dan beberapa kepala bidang lainnya.

Dalam arahannya, Wabup Iraddatillah, menyampaikan bantuan kendaraan sepeda motor bagi penyuluh pertanian adalah untuk meningkatkan kinerja dilapangan maka para petani yang ada bisa di kunjungi dengan secara optimal.

“Jadikan bantuan ini bagi tenaga penyuluh pertanian akan menambah semangat untuk memberikan motivasi bagi para petani yang akan berdampak kepada peningkatan pertanian,”katanya.

“Kelompok tani yang menerima bantuan Bibit berupa Durian dan Jagung pastikan lahan sudah dikelola dengan baik maka bantuan benar-benar bermanfaat bagi kelompok tani”.

“Setiap bantuan pembibitan merupakan varietas yang unggul maka pergunakan bantuan ini dengan baik, kapan perlu perkembangannya dilaporkan sehingga bisa menjadi evaluasi,”jelas Wabup.

Epi

Diakhir sambutannya, Wabup Iraddatillah, menyampaikan jaga silaturahmi dengan baik antar sesama. “Kita satu tubuh, sakit satu, maka sakit juga yang lain masyarakat dengan pemerintah harus sejalan demi kemajuan daerah Ranah Lansek Manih,”tambahnya.

Kapala Dinas Pertanian, Ronaldi melaporkan, bantuan kendaraan operasional berupa sepeda motor bagi penyuluh pertanian sebanyak 8 unit tersebar di Kabupaten Sijunjung.

Sementara bantuan untuk pembibitan yakni, Durian sebanyak 1.460 batang jenis bontong untuk 14 kelompok tani, sedangkan pembibitan jagung dengan bantuan 15 kg per hektar dengan jenis Bisi 321 sebanyak penerima 22 kelompok tani.

Bantuan yang diterima perlu dipertanggung jawabkan dan di manfaatkan dengan baik supaya tidak menjadi kerugian bagi pemerintah daerah, jelas Ronaldi.

Semoga kinerja penyuluh pertanian semakin meningkat karena adanya bantuan kendaraan sepeda motor, tentu akan berdampak juga kepada peningkatan produksi pertanian.

“Begitu besar perhatian pemerintah daerah kepada para petani maka sudah sebaiknya pertanian perlu dikembangkan, bahkan bantuan jalan tani pun dibantu maka hampir semua akses jalan pertanian sudah di rigid beton,”tutup Ronaldi. wen

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.