Pacu Ekonomi Desa, Kemendes PDTT Gandeng Lion Parcel dan Himbara

646

JURNAL SUMBAR | Yogyakarta – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus memacu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di desa-desa, termasuk dengan menggandeng pihak swasta. Lion Parcel dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni BNI, BRI, Mandiri, dan Bank BTN sepakat untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mewujudkan percepatan pertumbuhan ekonomi tersebut.

“Tadi kita menyaksikan kerjasama antara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Lion Parcel dan Bank. Kerjasama BUMDes ini selain menambah pendapatan dan nilai ekonomi, juga nilai tambah produk di desa. Beberapa waktu lalu Kemendes PDTT mengadakan pameran BUMDes di Malaysia, BUMDes bisa pro aktif langsung ke sentra-sentra produksi di desa,” ujar Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo, saat acara pembukaan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) angkatan 16 dan 17 di Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta, Jumat (25/5).

Dirinya menambahkan, kerjasama dengan Lion Parcel akan sangat berguna untuk mengakselerasi transaksi produk unggulan desa melalui _E-Commerce_ dari BRI dan BNI. Ia mencontohkan, ke depan konsumen bisa membeli alpukat langsung dari desa secara online.

“Kalau model ini jadi, masyarakat desa tidak akan menganggur dan berpenghasilan di atas 2 juta. Ini tentu akan menguntungkan petani,” sambungnya.

Menurutnya, banyak BUMDes yang sukses tidak terlepas dari manajemen pelatihan dan pendampingan. Untuk terus meningkatkan kapasitas aparat desa termasuk pemahaman mengenai _E-Commerce_, lanjutnya, Kemendes PDTT pun telah meluncurkan Akademi Desa 4.0 yang berfungsi sebagai lembaga pelatihan.

“Dalam Akademi Desa 4.0 diajarkan bagaimana mengelola BUMDes secara virtual, jadi masyarakat bisa belajar dan kita fasilitasi. Sehingga target tiap desa punya 1 BUMDes bisa tercapai di 2019. Saat ini ada sekitar 32 ribu BUMDes. Perlu terus disosialisasikan keberhasilan BUMDes supaya bisa menginspirasi desa lain, bisa dicontoh dan di kloning,” ujar Menteri Eko.

Sementara itu, Manager Operasional Lion Grup, Edward Sirait mengatakan, pihaknya menyambut baik karena dipercaya memiliki kesempatan kerjasama bersama Lion Parcel, Bank, dan BUMDes. Dirinya pun berharap, ke depan bentuk kerjasama yang dilakukan tidak hanya di bidang logistik, melainkan juga untuk penjualan tiket dan lainnya.

“Dengan dibantu dan didukung penuh Bank dan produknya memang ada, harusnya BUMDes bisa jalan. Apa yg dibuat Pak Eko adalah sejarah baru, produk desa dijadikan badan usaha,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, juga terdapat penyerahan _Corporate Social Responsibility_ (CSR) berupa bantuan perbankan kepada BUMDes Mitra Binaan yang menjadi Agen Lion Parcel. Hal tersebut diberikan sebagai upaya pengembangan BUMDes. Sejumlah BUMDes yang mendapatkan bantuan CSR tersebut diantaranya BUMDes Maju Mandiri, BUMDes Bengkuyung, BUMDes Karya Mandiri, BUMDes Amarta, BUMDes Laksana Mandiri, dan BUMDes Hanjuang. rilis kemendes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here