Pemkab Pessel Gandeng LAN Tingkatkan Inovasi Pelayanan Publik

401

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Dalam upaya mengakselerasi kesejahteraan masyarakat melalui berbagai inovasi dalam pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melakukan kerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Hal ini dikatakan Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni pada acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dengan LAN di Jakarta, Kamis (13/09).

“Kita menggandeng LAN ini salah satu tujuannya adalah untuk peningkatan kapasitas administrasi pemerintahan,” kata Bupati.

Hendrajoni mengharapkan setelah penandatangan MoU ini akan lahir berbagai inovasi dari Pemkab, terutama dibidang pelayanan publik.

“Saat ini Pemkab Pessel mengarahkan pembangunannya berdasarkan kajian-kajian akademis, dengan demikian diharapkan pembangunan dapat dilakukan lebih terukur dan berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat,” jelas Hendrajoni.

Lebih lanjut Kepala Bappedalitbang, Yozki Wandri mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah melakukan kegiatan yang sama dengan beberapa lembaga akademis dan instansi teknis lainnya.

“Selain dengan LAN, kita juga telah melakukan MoU dengan Unand, UNP, Badan Informasi Geospasial. Kita juga telah membentuk Dewan Riset Daerah,” kata Yozki.

Kepala Bapedalitbang mengatakan, kerja sama dengan lembaga-lembaga akademis ini merupakan salah satu langkah maju bagi Pesisir Selatan dalam perencanaan pembangunan. Melalui kajian-kajian ilmiah nantinya akan dapat menjadi pondasi yang kuat dalam menyusun dokumen perencanaan daerah.

Selain Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, penandatanganan MoU dengan LAN ini juga dilakukan oleh Kabupaten Labuhanbatu Utara, Pemerintah Kota Mojokerto dan Pasuruan.

“Kita berharap akan lahir berbagai macam inovasi yang akan meningkatkan daya saing daerah. Sehingga berbagai potensi daerah kita dapat berkembang secara optimal,” tutup Hendrajoni. (Rega Desfinal)