Kerja Sama dengan BRI, PWI Gelar UKW untuk Berantas Wartawan Abal-abal

635

JURNALSUMBAR | Padang – Lima puluh enam wartawan se Sumatera Barat selama dua hari, 27-28 Oktober 2018 mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Angkatan IX dan Angkatan X di Aula BRI Corporate University, di Pauh, Kota Padang.

Pembukaan UKW PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) ini dilaksanakan Sabtu (27/10) pagi oleh Gubernur Sumbar diwakili Kepala Biro Humas Jasman Rizal. Hadir dalam pembukaan ini Ketua PWI Pusat diwakili Sihono HT, Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar Ir. Basril Basyar, MM dan Tim Penguji dibawah koordinator Hendro Basuki.

Menurut Ketua PWI Pusat yang diwakili Sihono MT, penyelenggaraan UKW ini gunanya untuk menjadikan wartawan yang profesional. Memberangus wartawan yang abal-abal. Manfaat nya adalah untuk publik, yaitu mendapat kan informasi dari wartawan yang kompeten.

Sampai Oktober ini sembilan ribu lebih wartawan anggota PWI yang telah kompeten. Targetnya, sampai tahun 2020 mendatang 15 ribu wartawan Anggota PWI telah mendapat predikat kompeten.

Untuk Sumatera Barat, PWI terus mendorong wartawan mengikuti UKW. Menurut Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar Basril Basyar, minimal dua kali setahun PWI Sumbar mengadakan UKW. Guna meringankan biaya, PWI bekerjasama dengan berbagai pihak, yang kali ini bersama BRI.

Amino wartawan mengikuti UKW sangat besar, sehingga panitia terpaksa menolak peserta karena keterbatasan penguji. Pada UKW PWI Sumbar Angkatan IX dan X ini diikuti tiga kelompok yaitu Kategori Wartawan Utama 28 orang, Kategori Wartawan Madya 14 orang dan Kategori Wartawan Muda 14 orang.

Gayung ini bersambut. Menurut Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal, sesuai Peraturan Gubernur Sumbar, syarat media yang bisa bekerjasama dengan Pemprov wajib diverifikasi Dewan Pers dan Pemimpin Redaksi nya adalah Wartawan Kompetensi Utama. Aturan ini mulai berlaku Januari 2019 mendatang.

Karena itu Pemprov sangat mendorong terlaksananya UKW. Bahkan, awal Desember 2018 ini akan diselenggarakan UKW dengan pelaksananya PWI bersama Pemprov Sumbar.

Ketua Panitia UKW PWI Sumbar, Sawir Pribadi mengatakan, UKW ini bekerjasama dengan BRI Corporate University dan Kanwil BRI Sumbar. “Kita harapkan ke depan kerjasama dengan BRI terus terjalin dan membantu kegiatan yang dilaksanakan PWI Sumbar,” kata Sawir Pribadi yang didampingi Gusfen Khairul. (Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here