Pemilu 2019, KPU Sijunjung Ajak Semua Pihak Berpartisipasi dalam GMHP

1061

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Ini dia! Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sujunjung mengajak para pejabat pemerintahan maupun partai, serta tokoh masyarakat dan komunitas untuk turun langsung mengajak masyarakat luas untuk ikut dalam Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), serentak pada Rabu (17/10/2018).

GMHP digagas oleh KPU Republik Indonesia (RI) dalam rangka menyempurnakan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilu 2019 mendatang.

Gerakan itu akan dilakukan serentak di 8 kecamatan dan di seluruh nagari dalam Kabupaten Sijunjung.

Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsiah didampingi Devisi Perencanaan Data dan Informasi, Gunawan serta Komisioner Fahrul Rozi, Lc dan Sekreraris KPU Irzal Zamzami kepada awak media saat melakukan monitoring GMHP, mengatakan, gerakan itu selain memastikan pemilih terdaftar, pihaknya juga menargetkan untuk menambah DPT dengan memasukkan data yang sudah memenuhi syarat.

“Selain gerakan melindungi hak pilih, kita memang diminta untuk pertama memasukkan pemilih yang baru. Yang ke dua memperbaiki data misalkan tadi ada perbedaan nama, enggak sesuai dengan data si pemilih. Yang ke tiga misalnya ada data yang ganda ya harus dihapus,” ujar Lindo Karsiah di kantornya di Jalan M.Yamin, Muaro Sijunjung, Rabu (17/10/2018).

Dengan turunnya para pejabat dan tokoh masyarakat, diharapkan dapat menggerakkan masyarakat untuk meluruskan tiga tujuan KPU tadi.

Setelah GMHP dilancarkan, pleno penetapan DPT hasil perbaikan ke dua akan dilakukan di tingkat kelurahan dan kecamatan. Pada tanggal 9 – 11 November 2018, pleno akan dilaksanakan untuk tingkat kabupaten kota. Selanjutnya pleno terkait DPT akan dilakukan di tingkat nasional.

“Kalau di tingkat nasional untuk tahapan yang ini tanggal 15 November. Di Kabupaten Kota tanggal 9 – 11 November, fix dalam arti kalau enggak ada perubahan lagi,”ungkap mantan wartawan Singgalang itu jelang melakukan monitoring ke Kecamatan Kupitan.

“Saat ini DPT Sijunjung berjumlah 147.091 pemilih. Masyarakat juga dapat memastikan keterdataan dalam DPT melalui www.lndungihakpilihmu.kpu.go.id dan via aplikasi KPU RI Pemilu 2019, ataupun datang langsung ke kelurahan, kecamatan, atau ke kantor KPU,”tambah Lindo Karsiah.

Rabu (17/10/2018) ini, KPU Sijunjung melakukan monitoring GMHP mulai dari tingkat kabupaten, PPK tingkat kecamatan dan PPS tingkat nagari.

“Kalau ditingkat kabupaten dilaksanakan di Polres Sijunjung yang diikuti ASN Polres. Sedangkan di Gedung Bersama diikuti Sekda Zefnihan, Asisiten dan OPD, dan di Disdukcapil kita mendirikan posko dengan sasaran masyarakat yang melakukan pelayanan,”papar Lindo.

Monitoring dilakukan di semua kecamatan. Ketua KPU Lindo Karsiah pimpin rombongan ke Kupitan dan Sijunjung, Komisioner Pahrul Rozi pimpin tim ke IV Nagari dan Lubuktarok, Sekretaris KPU Irzal Zamzami pimpin rombongan ke Koto VII dan Sumpur Kudus dan Devisi Perencanaan Data dan Informasi, Gunawan pimpin tim ke Kecamatan Tanjung Gadang dan Kamang Baru. saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here