Pemkab Pessel Gelar Konsultasi Publik Pembangunan KEK Mandeh

406

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Persiapkan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Kawasan Mandeh di kawasan Bukik Ameh Kenagarian Carocok Anau, Kecamatan Koto XI Tarusan seluas 400 Ha, Pemkab Pessel awali langkah dengan mengadakan Konsultasi Publik, Rabu (17/10/2018) di TPI Tarusan.

Pada rapat konsultasi Publik Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK) selain dihadiri Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, juga dihadiri Asisten Deputi Menko Maritim Republik Indonesia, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, serta kepala OPD Pemkab Pessel, Muspika dan Wali Nagari dan Masyarakat.

Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska, Kamis (18/10/2018) mengatakan, untuk menjadikan Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK) perlu dilakukan kajian dan berbagai hal penting lainnya, yang menyangkut dengan rencana Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus.

“Untuk luas kawasan KEK ini kurang lebih seluas 400 Ha, tapi ini proses selanjutnya,” tegas Mawardi Roska.

Dikatakanya, selain konsultasi Publik Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) nantinya juga akan dilakukan penyususan Amdal, yang dibahas dan ditetapkan lahan bersama Pemkab Pessel, Provinsi dan Pusat. Yang mana penyususan Amdal ini bagian dari Dokumen perencanaan pembangunan KEK. Pembangunan Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus. ( KEK) penting dalam pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan.

Untuk sementara Flothing sudah dilakukan, setelah itu akan dilakukan survei kajian oleh tim bersama lokasi KEK, kata Kadis Pariwisata.

“Pembebasan lahan untuk dijadikan KEK, akan dilakukan ganti rugi tanah masyarakat. Itu proses selanjutnya,” katanya.

Dengan rencana Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tentu saja mempunyai dampak besar bagi Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan. Apalagi saat ini Pemkab Pessel sedang gencar melakukan pembangunan kawasan pariwisata di Kawasan Mandeh.

Semakin majunya pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan, akan mampu mendongkrak PAD, serta mendongkrak kunjungan Pariwisata, akhirinya. (Rega Desfinal)