Pasca Banjir di Padang, Danrem 032/Wbr Minta Warga Tidak Lewati Jembatan yang Rusak

547

JURNAL SUMBAR | Padang – Banjir yang melanda wilayah Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, beberapa hari belakangan ini telah mengakibatkan kerusakan di beberapa daerah baik fasitas umum, perkebunan, persawahan maupun perumahan warga.

Salah satu dampak dari banjir tersebut adalah rusaknya jembatan yang menghubungkan antara Kelurahan Beringin dengan Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Padang, baik jembatan permanen yang sedang proses pembangunan maupun jembatan gantung yang selama ini digunakan oleh masyarakat dalam beraktivitas sehari hari.

Jembatan yang rusak akibat derasnya arus sungai yang meluap menghantam jembatan tersebut pada Jumat (2/11/2018) lalu.

Menyikapi hal tersebut guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P segera mengambil langkah dengan memerintahkan Komandan Kodim 0312/Padang agar segera mengambil langkah preventif untuk mengamankan warganya.

Menindaklanjuti keadaan tersebut Danramil 04/Lubeg Mayor Inf Asrul Sani segera bertindak dengan mengumpulkan warga dan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melewati jembatan yang sedang perbaikan. Dengan melalui sosialisasi secara langsung kepada warga, diharapkan masyarakat dapat memahaminya.

“Lebih baik memutar walaupun jaraknya lebih jauh daripada mengejar waktu dan jarak yang sangat beresiko jatuh dan bahkan bisa terjadi hal hal yang tidak diinginkan,” tutur Danramil dalam himbaunya pada warga.

Selain sosialisasi, personel Koramil dibantu warga setempat juga telah melakukan pemasangan portal ataupun pagar di pintu keluar masuk jembatan agar masyarakat tidak mencoba-coba untuk melintasi jembatan tersebut.

“Diharapkan dengan upaya yang dilakaukan jajaran Kodim 0312/Padang ini dapat dipahami oleh masyarakat secara umum baik warga dari Kelurahan Beringin yang menuju Kelurahan Padang Besi maupun sebaliknya,” kata Danrem seperti dirilis Kapenrem 032/Wbr.

Ditambahkan Danrem, sikap bijak dan pemahaman masyarakat sangat diharapkan dalam menyikapinya sampai dengan jembatan selesai diperbaiki dengan sempurna dan sudah layak untuk dilalui warga. rilis kapenrem