Bupati Hendrajoni Canangkan Penanaman Sejuta Pohon di Pantai Sago

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, melakukan pencanangan gerakan penanaman sejuta pohon tingkat Kabupaten Pesisir Selatan, di Pantai Sago, Kecamatan IV Jurai, Sabtu (30/3/2019).

Pencanangan gerakan penanaman sejuta pohon tersebut  ditandai dengan penanaman  cemara udang oleh Bupati Pesisir Selatan, yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Muskamal, SH, M.Si.

Hadir dalam acara pencanangan tersebut, Dandim 0311 Pesisir Selatan, Letkol Kav Edwin Dwiguspana, M.Tr (Han), Asisisten III Wendi, SH, MH, Asisten II, Mimi Riarty Z, SE, Ak, M.Si,  staf ahli bupati, kepala Perangkat Daerah, camat dan wali nagari.

Bupati dalam amanat tertulis yang dibacakan Muskamal, mengemukakan Pesisir Selatan merupakan daerah rawan bencana, seperti tsunami, abrasi pantai dan angin kencang.

Namun penanganan bencana dimaksud cenderung bersifat reaktif dan belum bersifat permanen serta belum didukung upaya antisipatif.

Epi

Penanaman cemara udang di pantai Sago sebagai bagian dari gerakan penanaman sejuta pohon merupakan salah satu upaya antisipatif terhadap abrasi dan angin kencang.

Sebagaimana diketahui cemara udang, adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat, seperti untuk pemecah angin dan penahan abrasi pantai.

Dalam kesempatan itu, bupati menghimbau masyarakat terutama masyarakat yang berada di sekitar lokasi pantai untuk ikut memelihara tanaman yang baru saja ditanam.

” Tanpa partisipasi masyarakat dalam memeliharanya maka kecil kemungkinan tanaman tersebut bisa tumbuh subur,”katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0311 Pesisir Selatan, Letkol Kav Edwin Dwiguspana, M.Tr (Han), dalam sambutannya, melaporkan di Kabupaten Pesisir Selatan, akan dilakukan penanaman pohon sebanyak 250.000 batang. Penanaman tersebut akan dilakukan  di sepanjang pantai daerah ini.

Menurutnya, setelah pencanangan pohon tingkat kabupaten,  akan dilanjutkan di seluruh kecamatan yang memiliki pantai. Sehingga dengan demikian target penanaman 250.000 batang dapat dilaksanakan. Rilis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.