Launching E-SAKIP, Ini Kata Kadis Kominfo Sijunjung

887

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Haji Yuswir Arifin, Jumat (8/3/2019) jelang pelantikan pejabat eselon II, III dan IV, di Gedung Pancasila Muaro , secara resmi melaunching E-SAKIP.

Sebelum pelaunchingan E-SAKIP tersebu, Kepala Dinas Infokom Sijunjung, Rizal Effendi, menyebutkan bahwa pembangunan aplikasi E-SAKIP merupakan komitment Pemda dalam penguatan SAKIP BB.

“Aplikasi SAKIP dibangun pada sebuah sistem informasi manajemen integrasi daerah (Siminda.Sijunjung.Go.Id), merupakan sebuah potal berisikan berbagai macam data informasi dan aolikasi milik Pemkab Sijunjung yang saling terintegrasi satu sama lainnya sehingga memberikan kemudahan, ketapatan dan keakuratan dalam penggunaannya,” kata Rizal Effendi menyampaikan soal E-SAKIP.

Disebutkannya, bahwa Siminda.Sijunjung.Go.Id menjadi solusi yang efektif dan efisien dalam menjalankan sistem pemerintahan yang akuntabel dan transparan.

“”Itu semua karena mampu menjadi jembatan bagi setiap proses pemerintahan dengan satu dasar. Pada awalnya, Portal ini dibangun dengan aplikasi SPPD Online dan sampai saat ini, terus dilakukan pengembangan beberapa aplikasi, yakni E-Planning, Simpeg, Abswnsi Online, Sisuowr Dana, Simerp, Ropk, E-TPP dan termasuk pembangunan aplikasi saat ini,” jelasnya.

“Tim SAKIP Jaya telah melakukan beberapa tahapan dalam upaya membangun aplikasi SAKIP mulai dari Perumusan Singkronisasi dokumen SAKIP, kunjungan ke Kota Payakumbuh hingga melakukan Coaching Klinik keselarasan dokumen SAKIP OPD,” jelas Kadis Kominfo itu.

Dijelaskannya, dengan dibangunnya aplikasi tersebut mampu memberikan manfaat. “Diantaranya mengefektifkan penggunaan anggaran, memperketat pengawasan, lebih objektif pada outcome kinerja serta sistem otomatisasi digital yang melaraskan perencanaan, anggaran dan kinerja,” papar Rizal.

Tak hanya itu, kata Rizal, manfaat lain mengolah data penting tentang pembangunan serta meminimalisir prigram/kegiatan yang non relevan.

“Kabupaten Sijunjung patut berbangga, bahwasanya pembangunan aplikasi yang telah ada ini murni dibangun Tim IT Dinas Komunikasi dan Informatika dan bukan replika. Bersama kita kuat, bersama kita bisa, SAKIP Jaya, Sijunjung Jaya,” kata Rizal Effendi. saptarius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here