Dipastikan Jabatan Ketua DPRD Sijunjung 2019-2024 Dipegang Partai Gerindra

4186

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tuntas sudah rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu dan Pileg di Sijinjung, Sumatera Barat. Rekapitulasi penghitungan suara itu berlangsung sejak Selasa (30/4/2019) hingga Rabu (1/5/2019) di aula Dinas PUPR Sijunjung.

Dari hasil penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara terlihat lebih separoh kursi dewan diduduki oleh wajah baru. Dari 30 kursi anggota DPRD Sijunjung yang akan diresmikan Agustus mendatang, 17 kursi didominasi oleh wajah baru yang berasal dari 11 Parpol. Sementara tiga Parpol yang ikut bersaing masih belum mampu berkompetisi.

Sesuai dengan Keputusan KPU Kabupaten Sijunjung, nomor 160/HK.03.1-Kpt/1303/KPU-Kab/IV/2019, dari rekap yang dilakukan sejak Selasa (30/4/2019) sampai Rabu pagi (1/5/2019) dari 14 Parpol yang ikut bertarung dalam Pileg Sijunjung, hanya tiga Parpol yang belum berhasil untuk menduduki kursi wakil rakyat untuk priode 2019 – 2024. Parpol yang tak berhasil mendudukan Calegnya di parlemen Sijunjung terdiri dari Partai Hanura, PSI dan Partai Berkarya.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyah, Rabu (1/4/2019) usai penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara peserta Pemilu anggota DPRD di wilayahnya.

“Penetapan kuota sesuai dengan jumlah suara yang didapat, untuk bisa duduk di gedung wakil rakyat itu, untuk Dapil I yang mencakup, Kecamatan Sijunjung, Kupitan dan Kecamatan IV Nagari, 10 kursi.

Sementara Dapil II, Kecamatan Sumpur Kudus dan Kecamatan Koto VII, 8 kursi, sedangkan Dapil III, Kecamatan Lubuaktarok, Tanjunggadang dan Kamangbaru, 12 kursi.” Jumlah kursi di DPRD Sijunjung ada 30 kursi,”tambah Lindo.

Secara rinci, Lindo memaparkan, Partai Gerindra mendominasi dengan jumlah empat kursi. Artinya, jabatan kursi Ketua DPRD Sijunjung dipastikan dipegang Partai Gerindra besutan Prabowo Subianto.

Sementara Partai Golkar yang selama ini memegang jabatan kursi ketua DPRD Sijunjung harus rela melepas BA 3 K yang menjadi simbol DPRD Sijunjung karena hanya memperoleh 3 kursi pada Pemilu 2019 ini.

Kemudian perolehan tiga kursi lainnya disusul partai PKB yang dinilai cukup hebat. Betapa tidak, sejak Pemilu 2004 hingga 2014 tak pernah berhasil mendudukan wakilnya di parlemen. Namun kali ini, PKB besutan almarhum Presiden RI Gus Dur itu berhasil meraup 3 kursi di parlemen Sijunjung.

Selain itu, parpol yang berhasil meraih 3 kursi adalah partai Nasdem, PKS, PPP, PAN dan Demokrat. Sedangkan PDI-P dan Perindo meraih dua kursi serta PBB satu kursi.

Diluar dugaan Pàrtai Perindo besutan Hary Tanoesoedibjo B,Com,MBA berhasil mendudukan dua orang wakilnya di parlemen Sijunjung. Mereka adalah Syasmi Ultriadi dari Dapil 1 Sijunjung yang juga Ketua Parindo Sijunjung dan Hendra Nadi dari Dapil 3 Sijunjung.

“In sha Alloh pada Pileg 2019 ini kita meraih 2 kursi di parlemen Sijunjung,”kata Ketua Perindo Sijunjung, Syasmi Ultriada pada awak media, Rabu (1/5/2019) di rumah Partai Perindo Palangki. saptarius/syaiful husen