Tahun Depan Pemkab Pessel Bangun Dua Jembatan di Kawasan Wisata Carocok Painan

1328

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Bupati Hendrajoni, SH, MH mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, tahun depan berencana membangun dua buah jembatan di kawasan Pantai Carocok Painan.

Dikatakan, kedua jembatan tersebut pertama, jembatan gantung untuk menghubungkan antara Pulau Cigkuak dengan  Batu Kareta.

Sedangkan yang kedua, jembatan rangka baja yang akan menghubungkan antara Batu Batembak dan Muaro Painan di Kawasan Pantai Carocok.

“Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, tahun ini mengajukan proposal pembangunan kedua jembatan tersebut kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, ” kata Hendrajoni Rabu (1/5/2019).

Pembangunan kedua jembatan tersebut bertujuan untuk menjadikan objek wisata di Kawasan Pantai Carocok Painan, benar benar menjadi suatu kawasan wisata yang terintegrasi satu sama lain.

Dengan pembangunan jembatan tersebut pengunjung dengan mudah dapat mengakses dari satu objek ke objek wisata lainya.

“Kalau kedua  jembatan tersebut sudah selesai, pengunjung dari Carocok dapat dengan mudah ke Pulau Cingkuak dan kembali ke Batu Kareta dan begitu juga dari Batu Batembak dan sebagainya, ” sebut bupati.

Sebagaimana diketahui selama ini wisatawan di Pantai Carocok,  jika ingin ke Pulau Cingkuak harus terlebih dahulu naik speedboat.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang Kabupaten Pesisir Selatan, Era Sukma Munaf, ST, MM yang didampingi Kabid Bina Marga, Digdian Budiman, D, ST, mengatakan, rencana pembangunan jembatan gantung antara Batu Kareta dan Pulau Cingkuak akan dibangun sepanjang 300 meter dengan  anggaran Rp 7, 5 milyar.

Sedangkan jembatan dari Batu Batembak menuju Muaro Painan akan dibangun sepanjang 80 meter dan lebar 10 meter diperkirakan akan menghabiskan anggaran Rp 9 milyar.

” Kedua proyek tersebut rencananya akan dibiayai dengan dana APBN, ” tambah Kadis PUPR. (Rega Desfinal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here