Hadapi Lomba Tingkat Sumbar, KAN Muaro Takung Terus Berbenah

JURNAL SUMBAR | Sijunjung, Kesiapan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Muaro Takuang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, untuk dinilai tingkat Sumbar, terus dikebut. Pembinaan dan pembenahan di berbagai aspek sejak beberapa hari belakangan sudah terlihat.

Menurut Ketua KAN Muaro Takuang, Parizal J Dt Bagindo Sutan, SE, didampingi pengurus lainnya M. Dt. Bagindo Rajo dan A. Dt. Marajo, untuk menghadapi penilaian KAN tingkat propinsi, ia bersama jajaran niniak mamak di setiap suku telah membenahi apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab sebagai niniak mamak. ” KAN sebagai payung bagi ninik mamak di setiap suku selama ini untuk di Muaro Takuang sudah berjalan dengan baik,” ujar sosok yang akrab disapa Datuak Pucuak ini.

Mempersiapkan diri untuk dinilai tingkat propinsi ini, bagi Datuak Pucuak suatu tanggungjawwb yang cukup berat, masalahnya ia bersama jajaran ninik mamak akan membawa nama kabupaten dan mewakili keberadaan KAN yang ada di delapan kecamatan yang ada. Namun kalau persiapan dikemas secara bersama ia yakin niat untuk menjadikan Sijunjung, terbaik di propinsi akan terwujud.

Epi

Sementara Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung, Epi Radisman, Datuak Paduko Alam, SH, sangat mengapresiasi upaya upaya pembenahan yang telah dilakukan KAN Muaro Takuang. Malah beberapa hari belakangan sebagai pembina seluruh KAN yang ada di kabupaten ia bersama pengurus LKAAM lainnya telah melakukan penyempurnaan secara administrasi kelembagaan KAN setempat.

Melihat kekompakan KAN Muaro Takuang dengan seluruh lini yang ada di nagari setempat, Datuak Paduko Alam yakin KAN Muaro Takuang akan bisa dijadikan referensi untuk pembenahan KAN di nagari lainnya.

“Keberadaan KAN sangat menentukan tatanan kehidupan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” ujar Ketua LKAAM ini. S. Husen
editor; saptarius

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.