Antisipasi Dampak Kabut Asap, Dinas Kesehatan Tanah Datar Bagikan Masker kepada Masyarakat

490

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Guna mengantisipasi kabut asap tidak sehat dalam beberapa hari ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar, Jum’at (13/09) membagikan masker cuma-cuma untuk pelajar dan masyarakat umum.

Pembagian masker, sebut Wabup Zuldafri Darma, untuk mengantisipasi kabut asap semakin menebal di Tanah Datar, sehingga para siswa dan masyarakat terhindar dari dampak negatif kabut asap.

Untuk menjaga kesehatan, kata Wabup, diharapkan kepada  para guru berusaha mengurangi aktivitas di luar ruangan. Penggunaan masker itu tidak hanya bagi siswa SD tetapi juga bagi semua tingkatan pendidikan. “Kalau tidak ada aral melintang, Insya Allah 10.000 masker akan didistribusikan ke sekolah dan masyarakat umum,” tekan Zuldafri.

Dalam kesempatan sama, Kadis Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zedrianis mengatakan, belum ada dampak peningkatan kabut asap terhadap kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). “Walaupun belum ada peningkatan tetapi kita sudah menerbitkan edaran ke Puskesmas se Tanah Datar untuk melakukan penyuluhan bagi anak-anak, lansia dan masyarakat umum,” katanya

Sementara Kadinas Perkim dan LH Tanah Datar, Dessy T Korina menyebutkan, dari hasil uji kualitas udara ambien, maka masyarakat diharapkan memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

Dikatakan Dessy, kondisi ketebalan asap yang dipantau selama 24 jam, sejak pukul 9.45 WIB kemarin sampai pukul 9.45 WIB Jumat ini diperoleh angka indeks standar pencemaran udara (ISPU) ‘ 101,5 ‘. “Sesuai Kepmen LH Nomor KEP-45/MENLH/10/1997 , indeks standar pencemaran udara ‘ 101-199 ‘ masuk dalam kategori tidak sehat,” jelas Dessy mengakhiri. habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here