Kabut Asap Mengganggu, Instansi Terkait di Sijunjung Bagikan Masker Gratis

329

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Sekitar 2000 masker dibagikan petugas pada warga yang melewati jalan M.Yamin, Muaro Sijunjung secara gratis. Pembagian masker gratis itu dilaksanakan, Jumat (13/9/2019).

Menurut Rusdi Antoni, 46, salah seorang warga Muaro menyebut, langkah Dinas Kesehatan dan BPBD sudah sangat tepat, mengingat kabut asap sudah mulai mengganggu pernapasan.

“Dampaknya sudah mulai terasa, sehingga menurut saya, membagikan masker pada warga untuk menghindari penyakit adalah langkah yang tepat, semoga saja api yang membakar lahan dan hutan di wilayah Riau segera padam dan kabut asap segwra hilang,”sebut Rusdi Antoni yang juga kebagian masker dari Dinas Kesehatan dan BPBD.

Kepala BPBD Sijunjung, Hardiwan mengatakan, jika kabut asap ini terus berlanjut dan semakin parah, pihaknya akan terus berupaya membagikan masker dengan mengajak seluruh elemen, terutama Dinas Kesehatan.

“Kalau kita lihat, asap yang sampai di wilayah Sijunjung merupakan dampak dari kebakaran di wilayah Riau, jika akan terus berlanjut, kita akan berupaya kembali agar setiap warga Sijunjung mendapatkan masker,”kata Hardiwan pada wartawan Jumat (13/9/2019).

Sementara itu, dari informasi yang diperoleh, bagi-bagi masker tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan BPBD saja, Polres Sijunjung juga turun tangan membagikan masker di jalan.

Beberapa petugas Kepolisian turun jalan membagikan masker untuk pengguna jalan yang melewati Mapolres Sijunjung.hendri
editor; saptarius