Dibuka Bupati, TP-PKK Sijunjung Adakan Bimtek

113

“Diharapkan para Kader mampu mengerakkan semua aspek dalam sebuah keluarga, baik itu ekonomi, sosial, pendidikan, kebudayaan maupun aspek lainnya”

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi kader PKK yang dilaksanakan di UDKP Kecamatan IV Nagari pada Kamis (10/10/2019).

Kegiatan yang diberi tema “kita tingkatkan kualitas sumber daya manusia kader PKK menuju keluarga sejahtera” dibuka Bupati Sijunjung diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Khamsiardi, SSTP.M.Si.

Kegiatan Bimtek ini menghadirkan narasumber dari Pokja IV TP-PKK Pusat, drg.Laksmi Widyastuti dan Endang Budi Martini serta Ketua Pokja IV TP-PKK Provinsi Sumbar, Drs. Barizal Basir dan juga dihadiri Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. En Yuswir dan Ny. Ria Arrival Boy, Kepala SKPD, Camat, PKK Kabupaten, Kecamatan, Nagari dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kadis DPMN Khamsiardi tidak lupa mengucapkan selamat datang kepada narasumber dari pusat dan provinsi atas kehadirannya di Kabupaten Sijunjung.

“Selamat datang dan terima kasih kami ucapkan kepada Ketua TP-PKK Pokja IV beserta sekretaris dari pusat beserta ketua Pokja IV TP-PKK Provinsi Sumbar yang hadir pada hari ini, semoga nyaman dan tentram selama berada disini,”ucapnya.

Ia berharap dengan kedatangan Ketua TP-PKK pokja IV beserta sekretaris dan Ketua Pokja IV TP PKK Sumbar yang menjadi narasumber pada kesempatan ini dapat membawa dampak baik untuk Kabupaten Sijunjung.

“Untuk itu diharapkan para Kader mampu mengerakkan semua aspek dalam sebuah keluarga, baik itu ekonomi, sosial, pendidikan, kebudayaan maupun aspek lainnya,”tambah Khamsiardi.

Ketua TP-PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. En Yuswir Arifin didampingi Wakil Ketua TP-PKK Ny. Ria Arrival Boy pada kesempatan itu menyampaikan bahwa Kegiatan KG-PKK-KKBPK-Kes di Kabupaten Sijunjung dilaksanakan secara terpadu oleh tim penggerak PKK, Dinas Dalduk dan KB, Dinas Kesehatan dan DPMN yang didukung oleh program pemerintah daerah tahun 2019.

” Ada 4 item dalam kegiatan KG-PKK-KKBPK-Kes yang kita lakukan diantaranya, pelaksanaan kegiatan ini difokuskan dilokasi kampung KB yang sudah ODF 100% yang akan dilombakan ditingkat nagari yang menitik beratkan kepada kegiatan dasawisma karena dasawisma merupakan ujung tombak dari segala program PKK yang sasarannya masyarakat, serta melaksanakan LBS ( lingkubgan bersih dan sehat), pelayanan posyandu dan pelaksanaan PHBS,”ujarnya.

Untuk itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan yang diwujudkan dalam bentuk penurunan angka kematian ibu hamil dan bersalin, penurunan angka kematian bayi dan balita, peningkatan partisipasi pasangan usia subur dalam program KB dan pembangunan keluarga melalui pola pengasuhan dan tumbuh kembang balita dan anak remaja dan lansia serta pencegahan dan penurunan angka stanting.

“Untuk itu kita harapkan nantinya kepada Narasumber kita dari TP- PKK Pusat, Drg. Lakmi Widiastuti, Endang Budi Martini dan TP-PKK Provinsi, Bahrizal Basir untuk memberikan bimbingan dan pembinaan kepada kader PKK Kabupaten Sijunjung ini,”ujar En Yuswir.andri
editor;saptarius