Hormati Pendahulu, Rektor Ganefri Berziarah ke Makam Pendiri UNP di Batusangkar

614

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Dalam aktivitas DIES Natalis ke-65 UNP (Universitas Negeri Padang), Senin (28/10/19) Rektor Prof Ganefri didampingi Wakil Rektor II Ir Syahril, Dekan dan keluarga besar UNP berziarah ke makam pendiri perguruan tinggi PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru) Batusangkar Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Dt. Tan Penghulu di Kampung Tangah, Pagaruyung.

Dalam kesempatan itu, Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D mengatakan, kunjungannya ke makam Almarhum Prof. Sutan Kerajaan untuk mengingat kembali sejarah pendiri perguruan tinggi yang bernama PTPG (UNP) sekarang.

” Pendiri PTPG yang masuk tertua di Sumbar bahkan Indonesia adalah tokoh pendidikan, yakni, Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Dt. Tan Penghulu yang hidup tahun 1902–1985 merupakan putra Tanah Datar dimakamkan di Kampuang Tangah Pagaruyung, Batusangkar, ” ujar Prof. Ganefri.

Prof. Ganefri mengucapkan terimakasih sekaligus menyatakan rencanakan almarhum akan terwujud akan mengembalikan PTPG atau UNP ke Tanah Datar, Batusangkar ” Peletakan batu pertama monumen bersama bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi sudah dilaksanakan “, ucap Ganefri.

Bupati Tanah Datar diwakili  Kadis Sosial Yuhardi mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan jajaran telah melakukan kunjungan ke makam Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Dt. Tan Penghulu.

Kujungan Rektor dan rombongan akan menjadi cambuk dan motivasi bagi generasi muda Tanah Datar, Prof Sutan Kerajaan adalah putra Tanah Datar menjadi tokoh pendiri PTPG besar di Sumatera Barat yang sudah banyak melahirkan tokoh yang berkiprah di berbagai profesi.

Ziarah cukup berarti bagi masyarkat Tanah Datar itu diakhiri dengan doa bersama sekaligus bersilaturahmi dengan pihak keluarga, ahli waris Prof. Zainoeddin St. Keradjaan Dt. Tan Penghulu. habede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here