Pengukuhan Penghulu di Lintau Buo, Aiptu Syafrion Resmi Bergelar Datuk Magek

442

JURNAL SUMBAR | Batusangkar –  Pengangkatan Aiptu Syafrion sebagai Pangulu di pasukuan Piliang, nagari Taluk Lintau Buo dengan gelar Dt Magek Pangulu, Rabu(9/10/19) diresmikan dan dilewakan di rumah gadang pasukuan Piliang Nagari Taluak, Lintaubuo.

Malewakan gelar  dihadiri Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma, Kapolres AKBP Rokhmad Hari Purnomo, Forkopimca Lintaubuo Utara, dan Lintaubuo, pemuka masyarakat, Ninik mamak Nanagari Taluak, Bundo kamduang, Ketua KAN, BPRN, Wali nagari dan uandangan .

Setelah malewakan gelar Pangulu, sekitar pukul 15.00 WIB, Staf Polsek Lintaubuo Aiptu Syafrion itu dikukuhkan Yusli Malin selaku tungganai rumah  bersama Ruslan Dt Gindo Rajo merupakan Tuo Kampung di atas rumah gadang suku Piliang.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Dt Magek Pangulu, karena eksistensi pengangkatan Dt Magek Pangulu yang disandang Aiptu Syafrion sudah turut  membantu pemerintahan  nagari dalam melakukan tugas di nagari Taluak.

Tentu juga hal itu, membantu tugas pemerintah  Tanah Datar dalam membina anak kemenakan  yang merupakan generasi muda ” Karena pentingnya pengukuhan Syafrion sebagai Pangulu, Kapolres AKBP Rokhmad Hari Purnomo  hadir buat pertama kali di nagari taluak “, sebut Zuldafri sembari mengucapkan selamat melaksanakan tugas sebagai Nninik mamak di nagari taluak, Lintau.

Kapolres AKBP Rokhmad Hari Purnomo mengharapkan Syafrion Dt Magek Pangulu hendak dapat menjadi panutan bagi anak kemenakan, masyarakat dan generasi muda.

Khusus mushalla yang dibangun Dt Magek Pangulu bersama masyarakat nagari Taluak dapat diramaikan masyrakat setiap sholat lima waktu dan kegiatan agama lainnya.

Dengan ada mushalla, tekan Rokhmad bisa dimanfaat oleh anak kemenakan dan generasi muda memperdalam  agama untuk mengantiaipasi tindakan penyalahgunaan narkoba, dan tindakan kejahatan lainnya.

Sementara itu, Sipangka dan juga Ketua pelaksana alek pengukuhan Maisal didampingi Dubalang Syabirin Dt Gunung Kaliang menjelaskan Syafrion Dt Magek Pangulu yang juga Monti dikukuhkan menggantikan almarhum Amril Dt Mogek Pangulu telah meninggal dunia 100 hari lalu.

Saat pengukuhan, dari pihak bako melakukan prosesi adat Sakral dengan maarak batu mejan Amril Dt Mogek Pangulu ke rumah gadang pasukuan Piliang di Nagari Taluak. ” Sore ini juga batu mejan itu harus ditanam di pekuburan Almarhum Dt Mogek Pangulu di pandam pekuburan Taruko “, ucap Maisal.

Wali nagari Tigo Jangko Indra Gunalan yang tidak sempat hadir di pengukuhan itu mengucapkan selamat melaksanakan tugas dan memimpin anak kemenakan dan masyarakat nagari Taluak ” Semoga Syafrion Dt Mogek Pangulu selalu diridhoi Allah baik memimpin anak kemenakan dan  dan bertugas di Polsek Lintaubuo “, ujar Indra Gunalan yang maju sebagai balon Pilkada Tanah Datar tahun 2020 – 2025. habede.