Pincuran Tinggi X Koto Membara, Rumah Gadang Kaum Sikumbang Dimamah Sijago Merah

81

JURNALSUMBAR | Batusangkar – Sebuah rumah gadang kaum suku Sikumbang di Jorong Pincuran Tinggi Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto Tanah Datar , Sabtu (5/10/19) malam dimamah Sijago merah.

Menurut informasi dan keterangan dikumpulkan serta keterangan Wali Jorong Pincuran Tinggi, Sijago merah sudah membesar sekitar pukul 22.40 WIB di rumah gadang tersebut.

Sijago merah yang berkobar itu langsung menjilat rumah semi permanen disamping rumah gadang yang dihuni Bujang (60 th) bersama istri yang berprofesi guru di Ponpes Nurul Ikhlas Panyalaian.

Seterusnya, Kepala Satpol PP dan Damkar melalui Kasi Penyelamatan dan Kebakaran Fauzi menjelaskan, kebakaran baru bisa diatasi sekitar pukul 00.30 WIB, Minggu (6/10/19) dengan datangnya bantuan damkar Tanah Datar, Padang Panjang dan Bukitiinggi serta kabupaten Agam.

Akibat kebakaran itu, tutur Fauzi, si jago merah menghanguskan bagian belakang rumah Bujang , dinding, atap dan sebuah rumah milik Ibu Linda bagian teras.

Kerugian akibat kebakaran itu ditaksir sebesar Rp 150 Juta, sedangkan asal api masih dalam penyelidikan pihak berwajib. ” Diharapkan kepada masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran, pohon roboh dan lain-lain”, tekan Fauzi mengakhiri. habede.