Kebanggaan Tanah Datar, Minuman Kawa Daun dan Pasar Van der Capellen Juara II dan III API 2019

144

JURNAL SUMBAR | Tanah Datar – Upaya masyarakat Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Tanah Datar menjadikan minuman tradisional Kawa Daun dan destinasi kreatif Pasar Van der Capellen semakin dikenal luas di Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara, akhirnya mendapatkan hasil yang membanggakan. Pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2019, kedua unggulan Tanah Datar ini dinobatkan sebagai Juara II dan Juara III untuk kategori berbeda menyisihkan nominasi lainnya dari seluruh Indonesia.

Dua penghargaan bergengsi bidang pariwisata yang diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Guntur Sakti ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, Jumat malam (22/11), di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia.

Disampaikan Kawa Daun raih juara II kategori Minuman Tradisional Terpopuler pada Malam Apresiasi Pariwisata Terpopuler Indonesia Tahun 2019, yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan PT. Ayo Jalan Jalan.

Untuk kategori Minuman Tradisional Terpopuler juara I diraih oleh Kabupaten Tanjung Jabung dengan Sirup Pedadanya dan Juara III adalah Sirup Aren dari Kabupaten Lebak. Sementara pada Destinasi Kreatif Terpopuler juara I diraih Rumah Alam Adventure dari Kota Manado dan Juara II Pantai Tongaci dari Kabupaten Bangka.

Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, sesaat setelah menerima penghargaan tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar baik yang ada di kampung maupun yang di perantauan, ASN dan stakeholder yang telah memberi dukungannya melalui voting SMS maupun melalui aplikasi yang dibuka sejak bulan Juli hingga ditutup pada akhir Oktober kemarin.

“Alhamdulillah setelah tahun lalu Pacu Jawi juga menjadi juara II Kategori Atraksi Budaya Terpopuler, tahun ini kita raih 2 gelar, kemenangan ini milik kita semua, tanpa dukungan semua pihak yang melakukan vote atau kirim SMS, Kawa Daun dan Pasar Van der Capellen tidak mungkin bisa menang, sehingga bisa menjadi juara II dan III pada ajang penghargaan API Award Tahun 2019 ini. Di berbagai kesempatan bapak bupati dan kami tidak bosan terus mengajak semua kalangan mendukung dua nominator kebanggaan kita ini. Untuk itu atas nama pemerintah Kabupaten Tanah Datar saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar yang telah mendukung,” ujar Wabup.

Di kesempatan itu, Wabup Zuldafri Darma juga berharap dukungan dan partisipasi masyarakat bisa terus ditingkatkan agar kita bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

“Kita saat ini meraih juara II dan III, ke depan kita berharap bisa menjadi juara I. Untuk itu mari terus kita dukung bersama untuk kemajuan pariwisata Kabupaten Tanah Datar,” ajak Zuldafri lagi.

Zuldafri sebutkan dengan diraihnya penghargaan ini akan menambah nilai promosi pariwisata Kabupaten Tanah Datar semakin dikenal di tingkat nasional dan mancanegara.

“Kedua penghargaan yang diraih secara tidak langsung menjadi ajang promosi yang ampuh untuk pariwisata Tanah Datar dan diharapkan akan memancing meningkatnya kunjungan wisatawan nusantara dan asing berkunjung ke Tanah Datar serta menjadi harapan kita semua berdampak kepada peningkatan pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat,” sebutnya.

Sementara, Juragan Pasar Van der Capellen Ade Firman yang juga ikut hadir pada malam itu mengungkapkan, bahwa pada ajang API Award Tahun 2019 khusus untuk pasar Van Der Capellen demi mencapai prestasi ini pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Di antaranya melakukan promosi di berbagai media sosial, dan radio untuk meminta dukungan masyarakat melalui vote melalui SMS dan aplikasi API.

“Alhamdulillah, usaha yang kami lakukan berbuah penghargaan yang sangat luar biasa ini. Pasar Van Der Capellen baru berumur satu tahun, dan penghargaan ini sudah sangat luar biasa walaupun sebenarnya kita mengharapkan jadi yang terbaik. Tapi untuk tahap pertama ini, kami rasa capaian ini sudah sangat maksimal apalagi dengan segala keterbatasan yang kami miliki saat ini, terima kasih kepada pemerintah daerah, rekan-rekan pengelola, pedagang dan umumnya masyarakat Tanah Datar serta pengunjung pasar,” katanya.

Pasar Capellen ini digagas dan dikelola oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Tanah Datar dan didukung penuh pemerintah daerah melalui Dinas Parpora Tanah Datar yang berisikan anak-anak muda kreatif Tanah Datar yang menawarkan konsep pasar digital.

Pasar digital yang berlokasi di benteng peninggalan Belanda Fort Van der Capellen buka setiap hari Minggu dari pagi sampai siang terbilang unik dengan menawarkan kepada pengunjung makanan spesifik Minangkabau yang bisa ditemui di satu lokasi, dengan suasana Minangkabau tempo dulu di mana pengelola pasar dan pedagang berpakaian Minangkabau tempo dulu serta tersedia spot-spot foto yang menarik dan di beberapa kesempatan dikolaborasikan dengan acara seni pertunjukan seni tradisi.

Kini pasar Capellen semakin ramai dikunjungi, bahkan tokoh-tokoh ataupun publik figur daerah maupun nasional pun datang menikmati kuliner khas dan suasana Minangkabau tempo dulu plus pemandangan yang indah dan menawan bisa memandang Gunung Marapi yang berdiri kokoh.

Sebelumnya Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural, Guntur Sakti dalam sambutannya menyambut baik diselenggarakannya API yang tahun ini sudah memasuki tahun ke-4 sejak digelar pada tahun 2016 yang lalu.

Dia juga mengharapkan ajang tahunan ini dapat menjadi cara efektif dalam mempromosikan berbagai objek dan destinasi wisata populer di tanah air.

Selain itu, pada acara yang dihadiri oleh para Gubernur, Bupati/Walikota dan para Kepala Dinas Pariwisata dari berbagai daerah di Indonesia ini, Guntur juga mengatakan bahwa tujuan utama ajang ini digelar adalah sebagai ajang promosi wisata daerah, serta untuk menjadikan pariwisata Indonesia sebagai tujuan utama para wisatawan mancanegara.

Pada Malam Apresiasi Pariwisata Terpopuler Indonesia Tahun 2019, setidaknya ada 18 kategori diumumkan untuk mendapatkan penghargaan API Award. Diantaranya kategori Objek Wisata Belanja Terpopuler, Ekowisata Terpopuler, Tujuan Wisata Terpopuler, Situs Sejarah Terpopuler, Objek Wisata Unik Terpopuler, Surga Tersembunyi Terpopuler, Dataran Tinggi Terpopuler, Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler. Selanjutnya ada kategori Wisata Air Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, Cinderamata Terpopuler, Kampung Adat Terpopuler, Wisata Halal Terpopuler, Festival Pariwisata Terpopuler, Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, dan Wisata Kreatif Terpopuler. Advt-Habede