Jurusan Statistika FMIPA UNP Diresmikan dengan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 dan Talkshow

1443

JURNAL SUMBAR | Padang — Kolaborasi untuk mendekatkan alumni Jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang (FMIPA UNP) dengan lahan pekerjaan seperti BPS, Bank, Pertamina, PT Angkasa Pura dan lainnya terus dilakukan. Peresmian Jurusan Statistika FMIPA UNP, Rabu (11/12/2019) di Gedung Aula fakultas tersebut memberikan kesempatan kepala BPS (Badan Pusat Statistik) Provinsi Sumatera Barat Dr. Sukardi untuk sosialisasi Sensus Penduduk 2020.

Civitas akademika Jurusan Statistika FMIPA UNP, mulai dari mahasiswa Prodi D3 dan S1menampilkan kreatvitas mereka serta berkomunikasi lebih bebas dengan pimpinan berbagai perusahaan, diantaranya dengan melakukan Talk Show bersama Gojek.

Peresmian Jurusan Statistika yang dipimpin Dr. Dony Permana ini dilakukan Rektor UNP, Prof Ganefri, PhD diwakili Wakil Rektor 2, Syahril, PhD dan disaksikan oleh Dekan FMIPA, Dr Yulkifli pimpinan fakultas FMIPA, para pimpinan jurusan se-FMIPA UNP lainnya, seleruh civitas akademika Matematika dan Statistika FMIPA UNP serta Kepala dan staf BPS Provinsi Sumbar serta perwakilan Gojek.

“Untuk makin menyemarakan peresmian Jurusan Statistika UNP juga digelar Kuliah Umum dengan tema “Peran Statistika Menghadapi Revolusi Industri 4.0″,” ujar Dony Permana didampingi Sekjur Dra. Nonong Amalita, M.Si.

Dengan adanya peresmian jurusan itu, dikatakan Dekan FMIPA UNP, Yulkifli, maka SK Rektor UNP yang berdasarkan rekomendasi dari Kemenristekdikti, yang memiliki 2 Prodi yaitu Prodi D3 Statistika berdiri taun 2007 dan Prodi S1 Statistika yg berdiri tahun 2018 sudah sesuai dengan alur pendirian sebuah jurusan di lingkungan perguruan tinggi.

Yulkifli menambahkan bahwa sebagai pimpinan fakultas pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan pimpinan Jurusan Statistika karena rangkaian kegiatan peresmian jurusan juga dirangkai dengan beberapa kegiatann lainnya.

“Prodi D3 statistik dengan akreditasi B sudah mewisuda 10 angkatan, sedangkan Prodi S1 Statistika sudah mengelola 2 angkatan meski Akreditasi sedang dalam proses pengurusan,” jelasnya

Sementara itu WR2, Syahril PhD dalam sambutanya mengatakan dengan kapasitas jumlah dosen 12 orang di Jurusan Statistika dengan rincian 1 Doktor, 3 sedang studi Doktor dan 9 Megister diyakini pimpinan jurusan dan Ketua Prodi baik program Diploma 3 maupun program S1 dapat menata proses akademik dengan baik.

“Fasilitas ruang kantor jurusan, ruang sidang, dengan 3 lokal kuliah, 1 lokal seminar dan 2 labor komputer sudah cukup dulu untuk mendukung proses perkuliahan. Mudah-mudahan minat mahasiswa baru untuk mendaftar di Prodi ini terus meningkat, baik melalui jalur ujian mandiri UNP atau penerimaan mahasiswa jalur undangan SNMPTN maupun SBMPTN melalui UTBK, yang seperti kita ketahui bersama Jurusan Statistika merupakan Jurusan Keenam di FMIPA UNP,” ujar Syahril. (Agusmardi/Humas UNP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here