Pilkada 2020, Ketua Bawaslu Pessel: ASN Harus Netral, Tapi Punya Hak Pilih

346

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan–Ketua Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Erman Wardison mengingatkan pada Aparatur Sipil Negara ( ASN) harus bisa memposisikan diri netral, dan tidak ada kepentingan politik. Namun tetap memiliki hak pilih

“Tapi selebihnya ucapan, tindakan harus netral dari kepentingan politik praktis. Pilihan politik boleh beda, tapi sebagai ASN diharus menjaga netralitas,” tegasnya,” Jum’at  (17/1/2020).

Erman berpesan agar para ASN menjaga netralitas dan berhati – hati dalam berperilaku, jelang, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Pessel 2020 – 2024.

Kata Ketua Bawaslu Pessel, maka ASN harus menjadi pelayan publik. Artinya, ASN harus siap melayani publik didalam proses demokrasi dengan sebaik-baiknya. Dirinya menegaskan, namanya ASN dalam birokrasi maka harus siap dengan segala aturan dan sebagainya.

“Yang namamya ASN ini menjadi pelayan publik, suka atau tidak suka, ASN harus melayani publik,” tegas dia.

Agar dalam perjalan atau tahapan berjalan netral, Bawaslu Pessel telah mendirikan posko pengaduan. Posko pengaduan ini bertujuan untuk menerima laporan dari manapun, yang nantinya sebagai analisis dasar melakukan tindak lanjut ke bawah.

Secara aturan dan UU No 4 tahun 2014 tentang Netralitas ASN, ada sanksi berat, sedang dan ringan. Ucap nya.

Erman berharap ASN nantinya punya komitmen yang sama bagaimana mengawal demokrasi dengan baik dengan tugas dan fungsinya masing-masing. “Selain komitmen kerja harus juga bisa menjaga netralitas,” tegas. (RD)