Terjadi di Luhak Limapuluh Kota, Bayi Baru Lahir Dibuang di Rerumputan

2264

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Warga Jorong Tanjuang Aro Selatan, Kecamatan Luhak Kabupaten Limapuluh Kota digemparkan penemuan bayi laki-laki di sebuah yang diduga tega dibuang oleh ibu kandungnya, Jumat (17/1).

Kapolres Payakumbuh, AKBP. Dony Setiawan melalui Kapolsek Luhak, AKP. Amirwan didampingi Kanit Reskrim Polsek, AIPDA. MS. Rambe, Dantim Reskrim Polsek Luhak, AIPDA. Rusmen Handoko dan Kasubag Humas Polres Payakumbuh, IPDA. Aiga Putra, mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 04.00 Wib.

Bayi ini pertama kali ditemukan oleh seorang warga bernama Kasrizal yang hendak buang air, tak berselang lama, ia dikegatkan dengan suara tangisan bayi. Penasaran dengan suara tangis itu, ia mencoba mendekat dan mencari asal suara. Benar saja, ternyata suara tersebut memang berasal dari tangis seorang bayi yang diduga baru dilahirkan.

Bayi berjenis kelamin laki-laki yang masih bernyawa itu tergeletak di rerumputan. Kabar penemuan bayi itu dengan cepat menyebar ditengah-tengah masyarakat. Selain kepada sang istri, Kasrizal juga melaporkan hal itu kepada Wali Jorong hingga Babinkamtibmas didaerah itu, Brigadir. Riko Ricardo dan Babinsa datang ke lokasi penemuan bayi dan membawa bayi malang ke rumah Bidan terdekat.

Setelah dibersihkan dirumah Bidan/Puskesri (Bidan Welmi.red) Babinkamtibma, Babinsa dan warga menyusuri lokasi penemuan bayi itu. Di lokasi kejadian, ditemukan bercak darah yang mengarah ke rumah salah seorang warga setempat berinisial WE (25). Tak hanya itu, ditangga rumah WE juga ditemukan bercak darah serta air bening yang diduga air ketuban.

Selain anggota Polsek Luhak, Tim Opsnal Satreskrim Polres Payakumbuh, Kanit SPKT Polres Payakumbuh juga datang ke lokasi untuk mengamankan terduga pelaku pembuangan bayi. Untuk pemeriksaan lebih lanjut terduga pelaku dibawa ke Mapolres. Sementara bayi malang itu dibawa ke Rumah Sakit dr. Adnaan WD Payakumbuh untuk penanganan lebih lanjut.

“Sementara terkait motif dan penyebab terduga pelaku tega membuang bayi, masih dalam pemriksaan, termasuk apakah ia sudah bersuami atau belum,”tutupnya. (RD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here