Legislator Mhd Haekal: Masyarakat Berperan Tentukan  Perioritas Pembangunan

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Musrenbang nagari merupakan usaha pendekatan partisipatif masyarakat diikuti semua lapisan masyarakat yang ada di nagari untuk mencari prioritas.

Demikian dikemukakan Legislator DPRD Tanah Datar Mhd Haekal SH dalam aktivitas pembukaan Musrenbang nagari Balimbing, Rabu (5/2/20) bertempat di kantor Walinagari Balimbing, Rambatan.

Dengan peioritas disusun, sebut Mhd Haekal SH,  mencerminkan kondisi riil yang dibutuhkan masyarakat, karena masyarakat berperan langsung sebagai subjek dalam menentukan  prioritas tersebut.

Politisi Hanura itu juga meminta masyarakat  agar  mengangkat dan membahas kepentingan  masyarakat   di Musrenbang. ” Bapak, dan ibuk bisa menggunakan pokir(Pokok pikiran) DPRD, soalnya pokir berasal dari reses anggota DPRD Tanah Datar yang bisa ditaja dalam musrenbang,” tutur Mhd Haekal SH.

Dikatakan Mhd Haekal, APB( Anggaran pendapatan belanja) Nagari telah dilaporkan wali nagari Balimbing A Dt Bagindo Basa mencakup pembangunan fisik ,dan non fisik tahun 2019, 2020 dan perencanaan anggaran tahun 2021.

Epi

Dari catatan yang ada, Nagari Balimbing memiliki Silpa ( Sisa lebih pembiayaan anggaran) sekitar Rp 4 milyar lebih.Untuk itu, legislator Mhd Haekal yang putra nagari Balimbing itu  meminta pemerintah nagari harus berani membahas, dan merealisaikan penggunaan dana tersebut.

Sementara itu, Legislator Adrijinil Dt Rangkayo Mulie  memberikan masukan kepada pemerintah nagari agar punya keberanian membuat terobosan baru yang positif, dengan menggunakan anggaran nagari sebesar 70 persen untuk kegiatan non fisik , dan 30 persen untuk  infrastruktur.

Dengan penerapan peruntukan itu, tekan Adrijinil Dt Rangkayo Mulie, maka apa yang kita khuatirkan meninggalkan generasi lemah fisik, dan lemah akal tidak akan terjadi ”  Dana pemberdayaan non fisik itu bisa kita gunakan untuk penyuluhan agama, adat, budaya, narkoba, home industri, Pemberdayaan guru agama, guru honor, dan berbagai keterampilan .” tekan politisi partai Nasdem itu.

Pada kesempatan itu , Wali Nagari Balimbing A Dt Bagindo Basa telah melaporkan eksistensi anggaran tahun 2019 tercatat Rp 3.766.630.244,- dengan realisasi Rp 3.746.759.336,-.Dana tersebut dimanfaatkan untuk pembangunan fisik , dan non fisik terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

Kedepan, ucap wali nagari A Dt Bagindo Basa, pemerintah nagari Balimbing  akan fokus melaksanakan tugas – tugas pembangunan yang sudah disepakati bersama.Untuk itu A Dt Bagindo Basa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, Legislator Mhd Haekal SH, dan Adrijinil Dt Rangkayo Mulie, dan In Hendri Abbas selaku ketua tim Musrenbang Tanah Datar.

Musrenbang cukup meriah itu, dihadiri Ketua tim Musrenbang kabupaten In Hendri Abbas, Kepala OPD, Camat Rambatan Liza Martini, Forkompinca, Wali Nagari se- Rambatan , Wali nagari, BPRN, tokoh masyarakat, dan undangan lain. habede.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.