Amankan Daerah Perbatasan, Pemkab Semprot Fasilitas Umum di Tapan dan Silaut

183

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Guna mengantisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Tim Reaksi Cepat (TRC) penanganan virus Corona daerah setempat melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap sejumlah fasilitas.

Setelah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas umum di Kota Painan, TRC melakukan hal yang sama ke sejumlah fasilitas umum di perbatasan daerah Provinsi Sumatera Barat dengan Bengkulu dan Jambi, Jumat (20/3/2020).

“Kegiatan hari ini (jumat) difokuskan di Kecamatan Silaut yang berbatas dengan Bengkulu dan Ranah IV Hulu Tapan yang berbatas dengan Jambi,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler setempat, Rinaldi disela kegiatan di Silaut.

Fasilitas umum yang disemprot ialah pusat pelayanan kesehatan, kantor camat, masjid, perbankan, kantor polisi dan lainnya.

Selain bagian dari mencegah wabah virus, kegiatan juga merupakan langkah pemerintah dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Hingga saat ini Pesisir Selatan bisa dikatakan aman dari paparan virus Corona, kendati demikian sesuai instruksi pimpinan langkah-langkah pencegahan perlu dilakukan,” kata dia.

Terkait upaya pencegahan virus Corona beberapa hal ungkap dia juga telah dilakukan mulai dari pengecekan suhu tubuh wisatawan asing di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (Mandeh), pengecekan suhu tubuh pekerja dari China.

Berikutnya bupati setempat juga menerbitkan instruksi nomor 420/518/DPK/Sekretariat.01/2020 Tentang Penanganan Dampak Virus Corona yang salah satu poinnya mengalihkan proses belajar mengajar pelajar tingkat TK hingga SMP ke rumah.

Penyemprotan cairan disinfektan juga telah dilakukan di kantor bupati, dan kantor perangkat daerah se-kabupaten setempat, serta sejumlah masjid di ibu kota kabupaten.

“Pada beberapa kesempatan pemkab melalui dinas teknis terus mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan memeriksakan kesehatan jika mengalami demam disertai sesak nafas,” tambahnya.(R)