Antisipasi Corona, TRC Pessel Cek Kesehatan 61 TKA China di Ranah Pesisir

248

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Setelah melakukan pemantauan terhadap pengelola dan tamu Paradiso Vellage Pulau Cubadak Mandeh, Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanganan Virus Corona (Covid 19) Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, melakukan pemeriksaan kesehatan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Palangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir, Kamis (19/3/2020).

Sebanyak 61 orang tenaga kerja asing (TKA) dari China yang membangun PLTMH di Kecamatan Ranah Pesisir berhasil dilakukan pemeriksan kesehatan sebagai upaya mendeteksi paparan virus Corona.

“Kegiatan hari ini fokus pada pengecekan suhu tubuh dan wawancara tentang kondisi kesehatan  TKA dan juga pekerja lokal,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan, Rinaldi di Ranah Pesisir disela kegiatan, Kamis.

Ia menjelaskan TKA yang diperiksa berjumlah 61 orang, dan pekerja lokal sebanyak 125 orang.

Kegiatan melibatkan pegawai dari Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Puskesmas Balaiselasa dan Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi kabupaten setempat.

“Dari hasil pemeriksaan rata-rata suhu tubuh TKA dan pekerja lokal berkisar 35 sampai 36 derajat celcius dan secara keseluruhan mereka bisa dikatakan bebas dari paparan virus,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu dirinya mengimbau agar pihak perusahaan segera memeriksakan kesehatan pegawai ke pusat kesehatan terdekat jika ada yang demam, batuk dan sesak nafas.

Sementara itu, personelia PT Guangxi, Chen,  menyambut baik pengecekan kesehatan yang dilakukan, karena hal itu membantu pihaknya dalam memastikan kesehatan pegawai.

Ia menyebut sejak November 2019 hingga saat ini tidak ada lagi pegawai dari China yang didatangkan karena adanya wabah virus Corona.

Selain itu pihaknya juga tidak merekomendasikan pegawai melakukan perjalanan ke kota sehingga paparan virus bisa diminimalkan.

Dia juga berharap agar pemeriksaan dari perangkat daerah terkait bisa dilakukan secara berkala sehingga kesehatan para pegawai terkontrol dengan baik.

Sementara pimpinan Kepala Bidang Puskesmas Kabid Pencegahan dan pengendalian Penyakit, Kadriadi yang didampingi oleh Kepala Puskesmas Balai Selasa, Deri Zarwit, SKM, meminta kepada pihak perusahaan agar menyediakan sarana untuk mencuci tangan di mass pekerja yang ada dalam mencegah penyebaran virus corona.(R)