Himbauan Tidak Mudik Ke Ranah Melalui Lagu nan Menggugah

667

JURNAL SUMBAR | Jakarta – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno telah mengeluarkan surat edaran terkait penyebaran virus Corona (Covid-19). Lewat edaran itu, Pemprov Sumbar meminta warganya di daerah lain tak pulang ke kampung halaman untuk sementara waktu. Himbauan ini juga diperkuat dengan himbauan pemerintah pusat untuk tidak mudik demi menekan persebaran Pandemi Corona yang semakin meluas di Indonesia.

Namun masih ada kita temukan beberapa orang yang pulang dari rantau ke secara diam-diam, ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah dimana himbauan harus dipertegas dengan sanksi yang bisa memberatkan untuk para pemudik.

Kabar baiknya masih banyak masyrakat yang peduli dengan himbauan ini, dengan ikut menyuarakan dan mendukung tindakan pemerintah untuk tidak “Pulang Kampuang” di media sosial, begitu juga dengan YTM atau yang dikenal dengan Youtubers Minang yang menyuarakan untuk tidak mudik kepada para perantau dengan membuat sebuah video musik dengan judul Minangkabau.

Lagu yang pernah dipopulerkan oleh Tiar Ramon ini dibuat dengan konsep #dirumahsaja dimana masing-masing personil membuat aransemen musik melalui rumah masing-masing yang kemudian digabungkan menjadi sebuah suguhan musik yang modern dan luar biasa. Melibatkan beberapa orang personel diantaranya Zarian Secio (Vocal), Rayhan Redha (Vocal) , Ary Story (Elec Piano, String, Acc Guitar, Synth), Rian Manik (Drum, Bass, Percussiion), dan Yogi Andika pada (Bansi)
Video tersebut ikut diselingi dengan pesan-pesan yang dibuat oleh kreator-kreator muda Minang dengan menyuarakan pesan melalui kertas, pesan ini juga ikut diberikan oleh Arif Malinmudo Sutradara Muda Minang, Rico Saptahadi dari Minanglipp, dan beberapa kreator minang yang sudah dikenal melalui media Instagram dan Youtube.
Zarian yang juga selaku produser di project kali ini berharap lagu ini bisa mengobati rasa kerinduan saudara-saudara kita di rantau yang memutuskan untuk tidak mudik tahun ini, dan berharap keadaan akan kemabali normal beberapa bulan kedepan.
Link Video:

Encript:
<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/o3NLivVRIw0″ frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Penulis: Rizki Montheza

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here