Pengusaha Dede Desmana: Bisnis Pakaian Jadi Ikut Terdampak oleh Penyebaran Covid-19

389

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Pengusaha Muda Kabupaten Pesisir Selatan Dede Desmana turut prihatin dan angkat bicara mengenai Virus Corona (Covid-19 ) saat ini.

Dede menyebut, akibat adanya virus covid-19 tersebut banyak bidang yang kena imbasnya. Salah satunya adalah bidang pakaian jadi, seperti Brand Klinkink Apparel miliknya.

Dede Desmana mengatakan, yang akan paling terasa imbasnya oleh Corona ini salah satunya adalah pebisnis, seperti Klinkink.

“Klinkink bukanlah komiditi utama yang dibutuhkan saat wabah Corona menyerang, lebih utama bahan pokok dan alat pendukung medis. Dan selain itu, Klinkink pun belum full 100% memanfaatkan kanal online,” ujar Dede

Lanjutnya dede menyampaikan, yang paling dapat dilakukan oleh pebisnis dengan produk dan jasa yang sejenis mungkin bisa mempertimbangkan beberapa hal. Seperti yang dilakukan klinkink, yang Pertama katanya adalah membangun hubungan emosinal dengan loyal konsumen via media sosial.

Kedua, katanya, akuisisi konsumen baru dengan platform e-Commerce. Ketiga, Launching produk baru berupa mistery box. Sementara yang lain adalah memanfaatkan platform digital semaksimal mungkin.

“Kita akui, Covid-19 memang memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan ekonomi makro maupun mikro, namun keselamatan adalah hal yang utama”, kata Dede.

Di samping itu, ia juga menyebut, pelaku usaha sejenis atau teman-teman muda yang punya banyak energi pergunakan waktu di rumah saja untuk belajar sebanyak mungkin, memperkaya diri dengan technical skill agar dapat dipakai dan mandiri.

“Setelah badai ini berlalu tanpa atau ketika wabah pun bisa produktif dari rumah entah itu mendesain, menulis artikel, membuat konten atau hard skill lainnya yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain”, tutup Dede yang juga meruapakan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Pesisir Selatan.(RD)