Penyebaran Covid-19 di Pessel Bertambah: Notifikasi 2.550, ODP 221, dan PDP 3 Orang

211

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Perkembangan penanganan penyebaran Covid 19 di Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada terus bertambah menjadi 2.550 dengan status notifikasi.

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Pessel, Rinaldi membenarkan perkembangan ini terus naik. “Up date data penanganan penyebaran Covid 19, di Kabupaten Pesisir Selatan, sampai pukul 13.00 WIB Kamis tanggal 2 April 2020, tercatat, orang dengan status notifikasi sebanyak 2.550 dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 221 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tiga orang,” ujar Rinaldi.

Dikatakan Rinaldi, ada dua pasien positif tengah dirawat. Juru bicara Pemkab Pessel ini menjelaskan, terhadap yang PDP tersebut, dua orang dirawat di Rumah Sakit M.Jamil padang

Kembali diimbau semua lapisan masyarakat agar tetap jaga jarak (physical distanding), hindari kerumunan. Selanjutnya rajin cuci tangan, apalagi sebelum memakan sesuatu. Olahraga teratur dan upayakan berjemur disinar matahari (sinar ultraviolet pukul 9 sd 11 pagi), sekira 10 sampai 15 menit. Kecuali itu banyak konsumsi makanan sehat dan bergizi agar imunitas tubuh meningkat.

Jika badan kurang sehat, usahakan memakai masker dan jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Dari semua ikhtiar tersebut, tetaplah kita berserah diri kepada Allah SWT dan mari saling bahu membahu agar penyebaran Covid-19 tidak merebak lebih banyak lagi, harap Rinaldi.

Dalam kesempatan ini Rinaldi menyampaikan pesan bupati yang mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada tenaga medis dan semua unsur masyarakat. Dengan segala potensinya telah mencurahkan energinya demi masyarakat Pesisir Selatan. Semoga apa yang dilakukan dapat pahala dari Allah SWT. Demikian Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Pessel, Rinaldi.

Disela itu Pemkab Pesisir Selatan, memerintahkan camat se-Pesisir Selatan, dengan mengirimkan Surat Nomor: 130/574/KSB-Pol/IV/2020 yang isinya memerintahkan camat untuk melakukan sosialisasi/ imbauan bersama Forkopimca dengan ke nagari-nagari menggunakan mobil berkeliling selama tujuh hari berturut turut mulai hari ini tanggal 2 April.

Selain itu mengajak masyarakat agar tetap berada di rumah, menghimbau masyarakat yang pulang kampung atau kembali dari daerah terjangkit melapor ke fasilitas kesehatan dan memantau kondisi kesehatannya. Membubarkan kerumunan massa.

Pemeritah Kabupaten Pesisir Selatan, melakukan pembatasan jalur jalan Kawasan Mandeh Sungai Pinang – Padang, sehingga pintu masuk ke Pessel hanya  melewati batas Padang – Siguntur, mulai tanggal 2 April 2020.(R)