Serahkan Bantuan APD, PKPS Minta Pemkab Pessel Bergerak Cepat Tanggulangi Covid-19

508

JURNALSUMBAR | Pesisir Selatan – Perkumpulan Keluarga Pesisir (PKPS) Sumbar, berharap Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) harus bergerak cepat menyikapi penyebaran Covid-19 di daerah itu.

Wakil Ketua DPW PKPS Sumatera Barat, Dayat Nuri, mengatakan, gerak cepat itu seiring dengan kian merebaknya penyebaran wabah Covid-19. Bahkan, tak hanya menjadi masalah daerah, tapi juga nasional dan internasional.

“Apalagi kita di Pessel sudah ada dua orang yang dinyatakan positif dan ratusan lainnya ODP, “ujarnya pada wartawan Kamis (2/4/2020) di Painan saat menyerahkan bantuan APD.

Bantuan diterima langsung Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan, dr. Sutarman. Penyerahan bantuan juga turut dihadiri jajaran management RSUD dan utusan dari PKPS.

Adapun peralatan kesehatan yang dikiri
mkan antara lain Alat Pelindung Diri (APD). Hand sanitizer, kaca mata google dan disinfektan dan sarung tangan. Bantuan merupakan donasi dari para perantau.

Dengan adanya bantuan tersebut, lanjutnya, PKPS berharap dapat membantu penanganan dan penanggalangan pandemik covid-19 di Pessel. “Kami terus akan galang bantuan, “ujarnya lagi.

Pada kesempatan itu, Direktur RSUD M. Zein, dr. Sutarman atas nama Tim Gugus Tugas Percepatan Penangaman Covid-19 Pesisir Selatan mengucapkan terima kasih atas bantuan dari para perantau.

Menurutnya, bantuan itu kini sangat berarti. Apalagi, salah satu kendala penanganan wabah corona di Pessel saat ini minimnya ketersediaan APD lengkap bagi para tenaga medis.

Ia mengakui, hingga kini Pessel kekurangan APD lengkap. Setiap hari, kebutuhannya di RSUD mencapai 50 unit per hari. “Kita di tim Gugus Tugas merencanakan pengadaannya,” terang dia.

Saat ini, ungkapnya, total ODP yang ditangani di RSUD M. Zein Painan mencapai 80 orang. Berdasarkan data Pemkab Pessel per Selasa, Rabu, 1 Maret 2020, jumlah warga berstatus notifikasi mencapai 1.764 orang.

Orang Dalam Pengawasan (ODP), 149. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 4 orang. Negatif 3 orang. Sedangkan yang positif tercatat sebamnyak 2 orang dan tidak ada yang meninggal.

Saat ini, kedua pasien yang berstatus positif covid-19 telah dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP), M. Djamil Padang. Bahkan, 1 diantaranya menunjukkan kondisi membaik. (R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here