Perempuan Muda Positiv Corona Asal Tanah Datar Melahirkan di RSUP M Djamil Padang

665

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Seorang perempuan (29 tahun) asal nagari panyalaian kecamatan X Koto, Tanah Datar dengan riwayat perjalanan dari Jakarta positiv corona virus dease (Covid). Demikian dijelaskan, Senin (27/4/20) jubir gugus tugas Covid Tanah Datar Roza Mardiah di posko gedung Maharajo Dirajo Batusangkar.

Minggu, (26/04), perempuan tersebut sudah melahirkan bayi mungil dengan selamat. Kini ibu dan bayi sedang  dirawat di RSUP M Djamil Padang.sedangkan suaminya baru pulang, Sabtu (21/3/20), jelas Roza Mardiah.

Menurut Roza, perempuan itu positiv corona diketahuinya sesuai informasi dari Laboratorium Universitas Andalas negeri Padang, dan merupakan warga Tanah Datar.

Dikatakan Roza, sebelumnya, perempuan X Koto itu pulang kampung dari Jakarta dalam keadaan hamil tua dan mengalami gejala demam dan batuk, seterusnya  berobat ke Puskesmas Kebun Sikolos sekaligus dirujuk ke RSUD Padang Panjang,Jumat (24/4/20). selanjuntnya Sabtu dirujuk lagi ke RSUP M Jamil Padang.

Untung penelusuran lebih lanjut, ujar Roza, tengah dilakukan tracking terhadap keluarga dan masyarakat yang pernah kontak erat dengan sipasien positiv, kemudian hasil tracking dilakukan tindakan serta pemeriksaan swab.

Dari hasil koordinasi kita dengan pihak Padang Panjang, ucap Roza, si pasien pernah  berobat di Puskesmas Kebun Sikolos dan RSUD Padang Panjang.Pihak Padang Panjang sama-sama melakukan tracking, dan protapnya sesuai penanganan Covid 19.

Sesuai catatan posko gugus tugas covid 19 Tanah Datar dengan tambahan satu positiv asal X Koto, maka kasus positi corona menjadi tiga kasus positiv , rincian satu orang dirawat, satu orang dikarantina dan satu lagi sudah sehat, PDP satu orang, ODP 34 orang dengan 2.968 orang notifikasi. – habede.