Wabup Zuldafri Darma Serahkan BTS Kemensos kepada KPM di Tanah Datar

259

JURNAL SUMBAR | Batusangkar – Dana BST (Bantuan sosial tunai ) Kemensos senilai Rp. 600.000,- per KK setiap bulan, Kamis (14/5/20) mulai diserahkan Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat ) di kantor Pos Batusangkar.

BST itu, jelas Zuldafri Darma bertujuan mengurangi beban MTCV( Masyarakat terdapampak corona virus) di tengah pandemi Covid yang masih berjangkit saat ini. ” Dari 100.000 KK yang dibantu melalui dana pusat, provinsi, kabupaten dan dana nagari hampir mendekati 50.000 KK, artinya mendekati 50 persen dibantu,” ujar Wabup.

Pada kesempatan itu, Wabup Zuldafri mengajak masyarakat dapat memanfaatkan bantuan pemerintah itu sesuai kebutuhan. Gunakan lah
dana tersebut untuk yang penting-penting saja.

Wabup bersama bapak bupati, forkompinda, dan masyarakat Tanah Datar mengucapkan terima kasih kepada Kemensos dan pemerintah Provinsi telah menyalurkan BST melalui Pos Padang Panjang dan Tanah Datar ,selanjutnya juga akan disalurkan lewat BNI, BRI dan Bank Nagari Batusangkar.

Kadis Sosial dan PPPA Yuhardi menyampaikan, penerima BST Kemensos berjumlah 14.643 KK. Didistribusikan melalui PT Pos Indonesia 13.957 KK, BRI 574 KK dan BNI 112 KK. BST Provinsi Sumatera Barat untuk 8.585 KK juga disalurkan melalui PT. Pos Indonesia, sedangkan BST Kabupaten Tanah Datar 17.372 KK didistribusikan via Bank Nagari Cabang Batusangkar.

BST akan disalurkan selama tiga bulan,sedangkan penerima PKH ( Program Keluarga Harapan) dan penerima Sembako, tidak lagi menerima bantuan BST, ucap Yuhardi.

Seterusnya Kepala Pos Padang Panjang Hamdani didampingi Kepala Pos Batusangkar Yusuf  mengatakan, BST akan diserahkan melalui pemerintah nagari-jorong masing-masing, dan pihak nagari-jorong akan memberitahu masyarakat untuk datang ke kantor pos sesuai jadwal.

Untuk itu, bagi masyarakat bakal mengambil BST harus menunjukan photocopy KTP dan KK, sekaligus verifikasi data, dokumentasi, jika dokumen lengkap bantuan langsung diterima, pungkas Hamdani.

Kamis ini, untuk hari pertama sudah diserahkan kepada dua kelompok masyarakat dari Nagari Cubadak Lima Kaum berjumlah 25 orang dan Nagari Rao-rao Sungai Tarab 28 orang penerima – habede.