Puskesmas Tanjung Gadang Menuju TOP45, Inovasi Pelayanan Publik MASPETTAG Tingkat Nasional

550

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Setelah lolos dari TOP99 dalam Inovasi pelayanan publik MASPETTAG (Masyarakat Peduli TB Tanjung Gadang), Selasa (14/7/2020) hari ini, Puskesmas Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, dinilai Tim Panelis Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik.

Dihadapan Tim Panelis Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, yang diketuai Prof.JB Kristiadi, secara gemblang Bupati Sijunjung, Drs.H. Yuswir Arifin Dt Indo Marajo,MM yang didampingi Kepala Puskesmas Tanjung Gadang, dr.Hj.Imelda serta Koordinator Program Puskesmas Tanjung Gadang, Herizon Putra, S.Kep, dan disaksikan Asisten III dr.H.Edwin Suprayogi,MKes, Kadis Kesehatan drg.Ezwandra dan Kabag Organisasi,Wandri Fahrizal menyampaikan ekspose tentang inovasi MASPETTAG.

Selain penyampaian ekspose bupati peraih Leadershif Award itu juga melakukan diskusi bersama Tim Panelis Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, yang diketuai Prof.JB Kristiadi itu.

Penilaian Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang dikemas KemenPAN itu juga membahas soal keunggulan pelayanan dari MASPETTAG.

“Kita memanfaatkan pasien Tb yang sudah sehat dan tokoh masyarakat untuk mencari pasien Tuberkulosis yang selama ini terimajinalkan. Dan itu banyak yang sampai meninggal jika itu tak diobati. Untuk itulah pelayanan MASPETTAG ini dilakukan. Jika diobati maka pasien tersebut akan sembuh total,”kata Bupati Yuswir Arifin kepada Jurnalsumbar.Com sebelum acara Dering bersama Tim Panelis Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, yang diketuai Prof.JB Kristiadi itu.

“Mohon doa seluruh masyarakat Kabupaten Sijunjung agar Puskesmas Tanjung Gadang bisa lolos masuk TOP45 Pelayanan Inovasi MASPETTAG,”pinta bupati di akhir pembicaraannya.

Untuk itu pula bupati mengaku telah membuat surat edaran agar tiap Puskesmas juga membuat inovasi pelayanan TB tersebut.

“Kini sudah ada tiga Puskesmas yang membuat inovasi pelayanan TB. Diantaranya, Puskemas Tanjung Ampalu Inovasinya KAMERA (Kader Memberantas TB), Puskesmas Kamang Inovasinya GEMABATIMANG (Gerakan Masyarakat Bebas Tuberkulosis Kamang) dan Puskesmas Kumanis GEMAR PERJAKA 2M (Gerakan Masyarakat Perangi Gejala Batuk Berdahak Lebih Kurang Dua Minggu). Diharapkan seluruh puskesmas jalani pelayanan TB,”terang bupati dua periode itu.

Dalam ekspose tersebut juga ditayangkan video TB. Kesadaran masyarakat Tanjung Gadang sangat tinggi. Hal itu terlihat dengan banyak pasien TB yang sehat di Puskesmas Tanjung Gadang.

Bupati Yuswir Arifin juga memberi kewenangan penuh pada Kepala Dinas Kesehatan dalam penggunaan anggaran dalam menangani kesehatan di Kabupaten Sijunjung.ius