KPU Dukung Program DMM Sukseskan Pilkada, Dinas Dukcapil Sijunjung Lakukan Virtual Meeting 2 Oktober Mendatang

Jurnal Sumbar

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, meluncurkan program ‘Disdukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun mendukung program tersebut.

Program DMM berupa program jemput bola perekaman KTP Elektronik (KTP-El) warga di delapan kecamatan dalam rangka menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sijunjung, Febrizal Ansoti, SH,MH, menerangkan, program DMM itu diperuntukan bagi penduduk usia wajib KTP, yakni warga yang sudah berusia 17 tahun ke atas.


Kepala Dinas Dikcapil Sijunjung, Febrizal Ansori,SH,MSi

Di program jemput bola ala Dukcapil tersebut, masyarakat juga bisa mendapat pelayanan konsultasi permasalahan administrasi kependudukan.

‘’Selain menyukseskan Pilkada 2020, persyaratan pemilih untuk menggunakan hak pilihnya adalah menggunakan dokumen KTP-El, program DMM ini juga untuk mendukung Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (#GISA),” kata Feri begitu sapaan akrab Febrizal Ansori pada Jurnalsumbar.Com, Sabtu (26/9/2020).

Dukungan Gerakan #GISA ini, lanjutnya,  melalui upaya pemenuhan kepemilikan dokumen-dokumen adminduk bagi masyarakat. Salah satunya KTP-eL, selain juga dokumen lain, seperti Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.

‘’Dalam pelaksanaan program DMM ini kita menerapkan protokol kesehatan. Warga yang hendak masuk ke dalam ruangan harus memakai masker, cuci tangan pakai sabun dulu, dan jaga jarak. Petugas kita pun memakai masker, face shield, dan alat pelindung diri (APD),’’ terangnya.

Mantan Asisten 1 dan mantan Kepala Bapppeda Sijunjung itu menambahkan, selama program tersebut, pihaknya menargetkan dapat melakukan perekaman KTP-eL sebanyak mungkin.

PERANTAU SIJUNJUNG

‘’Kita dorong warga yang belum melakukan perekaman untuk memanfaatkan program ini. Apalagi, di momen Pilkada ini KTP-eL penting untuk dapat menggunakan hak pilihnya nanti,’’ ungkap mantan Kadis Perindag dan UKM Sijunjung itu.

Untuk itu, Dinas Dukcapil Sijunjung, akan melakukan Link ID Zoom Meeting pada Jumat, 2 Oktober 2020, pada pukul 14.00 WIB-15.00 WIB—mendatang yang langsung akan dipandu Kadis Dukcapil Sijunjung, Febrizal Ansori,SH.MSi.

“Mari bersama membahas pelayanan dokumen administrasi kependudukan, kartu keluarga, akta pencatatan sipil, KTP-eL dan KIA di Kabupaten Sijunjung dengan cara mengikuti Virtual Meeting,”ucap Feri.

Menurut Kadis, bagi warga yang ingin mengikuti virtual meeting tersrbut, Meeting ID: 819 729 7926 dengan Passcode; Capilsb.

Link ID Zoom Meeting; https;//us02web.zom.us/j/819 729 7926? pwd=a3FLa WtHUXN Bakw3SkVSY2 JuTy 8rQT09.


Lindo Karsyah, Ketua KPU Sijunjung

Sementara, Komisioner KPU Kabupaten Sijunjung, Lindo Karsyah, menuturkan, pihaknya mendukung program dari Disdukcapil untuk jemput bola ke masyarakat. Utamanya menyasar warga yang belum memiliki atau belum melakukan perekaman KTP-El.

‘’KTP-El ini sangat penting, karena merupakan bukti sudah memiliki hak pilih. Saat ini kami sedang melukan uji publik daftar pemilih sementara (DPS). Masyarakat bisa memberikan masukan terhadap DPS ini, kalau ada yang belum terdaftar segera melapor,’’ tegas mantan wartawan Harian Singgalang itu, Sabtu (26/9/2020) via telepon selularnya.ius

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.