Waspada, Covid-19 Mengganas di Sijunjung, PDP Itu Meninggal, Warga Terkonfirmasi Tembus Angka 107

2158

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – “Jaan tangka juo. Dirumah saja, ikuti protokol kesehatan ,”agaknya itulah kalimat yang terucap disampaikan Kapolres sijunjung, AKBP Andry Kurniawan, S.IK.MH, melalui, Kabag Humas Polres Sijunjung, Iptu Nasrul kepada Jurnalsumbar.Com, Sabtu (26/9/2020).


Kabag Humas Polres Sijunjung, Iptu Nasrul

Hal itu menyusul, terkait adanya pasien dalam pantauan (PDP) yang dirawat di rumah sakit daerah (RSUD) Sungai Dareh, warga Nagari Sungai Lansek, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, yang meninggal pada Kamis (24/9/2020) itu dan dinyatakan positif Covid-19.

Tak hayal, informasi itu pun membuat kalangan Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung tersentak mendengarnya. Pasalnya, dalam pengurusan jenazah warga tersrbut tidak melalui protokol kesehatan.

“Kini semua Tim Dinkes dikerahkan kelokasi untuk melakukan swab pada warga yang kontak dengan jenazah. Swab itu langsung dipimpin Kadis Kesehatan Drg Ezwandra,”kata Kepala Dinas Kominfo yang juga Ketua Tim Penanganan Covid-19 Sijunjung, Rizal Efendi,SE kepada Jurnalsumbar.Com, Sabtu (26/9/2020).


Rizal Eefendi Kadis Kominfo Sijunjung

Rizal tak menampik, saat ini Sijinjung sudah darurat Covid-19. Hingga kini warga yang terkonfirmasi Covid-19 sudah tembus angka 107. Diantaranya 59 orang dinyatakan sembuh dan dua orang meninggal.

“Sampai saat ini ada 450 orang warga melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19. Untuk itu diminta warga untuk tetap di rumah dan jangan kemana-mana. Diharapkan warga untuk selalu cuci tangan, dan pakai masker,”tegas Rizal.

Dijelaskan Rizal, pasien Covid-19 itu, ada yang menjalani isolasi mandiri di rumah dan ada karantina di RSUD Sijunjung, RS Unand dan di PPSDM Padang dan juga ada di Hotel Bukik Gadang.

“Saat ini, 450 warga yang kontak dengan pasien Covid-19 itu menunggu hasil swab. Sedangkan yang suspek 3 orang dirawat di RS M Djamil dan RSUD Sawahlunto. Saat ini tim survey Lance lagi melakukan tracing,”papar Kadis Kominfo Sijunjung itu.