33 Pelanggar Protokol Kesehatan di Pasar Simabur Dikenakan Sanksi Bersihkan Fasilitas Umum

151

JURNAL SUMBAR  | Batusangkar – Aktivitas Razia  penegakan Perda Provinsi Sumbar No: 6 tahun 2020 hari kedua, Senin (12/10/20)di Pasar Simabur, kecamatan Pariangan  semakin keras dan tidak ada basa-basi.

Tim giat operasi AKB yang dipimpin Kasi Penegakan Perda Satpol PP dan Damkar H Elfiardi S.H bersama tim  berhasil menindak 33 pelanggar protokol kesehatan yang merupakan pengunjung dan pedagang pasar Simabur.

Pada kesempatan 33 pelanggar diberi sanksi hukum berupa kerja sosial dengan dipasangkan masker, dan dikenakan baju uniform Orange  bertuliskan ‘ Pelanggar protokol kesehatan ‘, sekaligus  dikenakan sanksi menyapu fasilitas umum di pasar Simabur.

Sementara itu, Kasatpol PP Damkar Yusnen, S. Ag,  M. Si melalui Kasi Penegakan Perda Satpol PP dan Damkar Tanah Datar, H Elfiardi, S.H menjelaskan masih banyak  ditemukan masyarakat tidak melaksanakan protokol kesehatan, yakni, mengabaikan pemakaian masker. Dalam penegakan protokol kesehatan, tim AKB tidak akan mendur, karena   yang kami lakukan untuk kebaikan dan keselamatan seluruh masyarakat.

Ayo kita laksanakan AKB, dengan penuh kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan di manapun berada untuk keselamatan kita bersama.

H Elfiardi juga menghimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, dan jangan hanya pakai masker ketika ada petugas, tetapi jadikan masker itu kelengkapan baru ketika kita akan mengunjungi keramaian.

Guna memasyarakatkan AKB di Tanah Datar,  Kasi Elfiardi bersama tim akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru)  sesuai Protokol Kesehatan yang jadi pedoman untuk mengantisipasi penyebaran Corona virus .

Razia  hari kedua  yang digelar di pasar Simabur pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB, Senin (12/10/20) . Tim AKB menurunkan personil Kodim, Dishub, polres, Polisi Militer, Kejari Tanah Datar,petugas Satpol PP, dan dibantu anggota DPRD Tanah Datar, Sub Gugus Tugas Covid Nagari Simabur , Babinkamtibmas, Babinsa dan anggota Satlinmas serta Anggota Koramil Kecamatan   Pariangan – habede