Tokoh Pangkalan 50 Kota: Fakhrizal Tepat Jadi Gubernur Sumbar

161

JURNAL SUMBAR | Limapuluh Kota – Kunjungan Cagub Sumbar nomor urut 3, Irjen Pol (P) Fakhrizal, MHum ke Pangkalan, 50 Kota, berbuah manis. Berbagai elemen masyarakat di Pangkalan menilai paling tepat Jenderal –panggilan akrab Fakhrizal, 57 thn, menjadi gubernur pengganti Irwan Prayitno.

Sikap itu disampaikan saat Jenderal Fakhrizal berkunjung ke sana bersama istri tercinta, Ade Fakhrizal, serta sejumlah tim pemenangan Fage Sumbar, Ahad (7/11).

Datuak Lelo, yang mewakili Ninik Mamak Suku Pitopang dari Nagari Koto Alam, menyebutkan dirinya memilih Fakhrizal dengan alasan sudah mengenal sepak terjang Fakhrizal selama ini.

Alasan lainnya, Datuak Lelo sangat tertarik dengan gagasan Fakhrizal yang ingin memperkuat peranan ninik mamak, tokoh adat atau lembaga adat dalam pemerintahan.

Sementara tokoh agama nagari Koto Alam, Buya Nobel Syahrial, meyakini Jenderal Fakhrizal mampu memimpin dengan tegas dan amanah karena track recordnya selama ini di Kepolisian sudah terbukti.

“Saya tau Pak Fakhrizal keturunan ulama Pejuang dari Kamang, tidak diragukan lagi integritas dan pemikiran beliau,” ujarnya.

Dukungan juga datang dari tokoh Tani (Kelompok Tani) Nagari Gunung Malintang, Morat. Dia mengaku telah mempelajari profil semua paslon gubernur dan menyatakan lebih tertarik kepada Fakhrizal – Genius Umar.

“Program visi misi pak Fakhrizal banyak yang menarik dan saya suka gaya kepemimpinan beliau,” ujar Morat.

Handri Sanur, ketua Refargen Luak Limo Puluah, menambahkan bahwa dirinya sudah mengenal Irjen Pol Fakhrizal sejak kecil dan Fakhrizal dimatanya, adalah sosok yang amanah, arif dan bijaksana.

“Kita menginginkan beliau yang memimpin Sumbar dan ini demi kemajuan Sumbar,” ujarnya.
Terakhir, kordinator Refargen Luak Limo Puluah, Indrawati, Korlap Refargen Luak 50, Yandri Armi dan Mitra, bendahara Refargen, menyebutkan pentingnya penguatan dan suport pemerintah terhadap pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Program ini harus menjadi perhatian khusus bagi FaGe yakni meningkatkan kualitas UMKM di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya. (*Age)