Amankan Natal dan Tahun Baru, Polres Sijunjung Gelar Operasi Lilin 2020

723

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Jelang Puncak Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Kepolisian Resor Sijunjung, Sumatera Barat, memberikan jaminan kemanan dengan melibatkan Ratusan Personil Polri dalam Operasi Terpusat Sandi Ops Lilin 2020.

Operasi Lilin 2020 Polres Sijunjung diawali dengan Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, S.iK., M.Hum bertempat di halaman Mapolres Sijunjung, pada Senin pagi (21/12/2020).

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, S.iK., M.Hum mengatakan, Operasi Lilin 2020 akan begitu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Menurut dia, operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru pada 2020 ini juga akan menjalankan operasi kemanusiaan. Polisi dalam hal ini turut menyediakan sejumlah pelayanan guna mengendalikan penyebaran Covid-19.
“Suasana Ops Lilin tahun ini akan sangat berbeda. Kami akan laksanakan Ops Lilin plus Ops kemanusiaan berupa pelayanan-pelayanan guna mengendalikan atau memutus mata rantai Covid-19. Sekaligus bakti sosial guna meringankan masyarakat,” kata Kapolres Sijunjung.

Apel Gelar Pasukan tersebut diikuti oleh personel Polres Sijunjung, Kodim 0310/SSD, Dishub Sijunjung, Satpol PP Sijunjung, BPBD Sijunjung, Dinkes Sijunjung, dan Ormas, dengan perwira upacara Kasat Lantas IptuGhanda Novidiningrat Gunawan dan komandan upacara Ipda Avif Mulia Prata.

Bertindak selaku pemimpin upacara Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan yang menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, bahwasanya Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapanpelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personelmaupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya,” ujar Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan.

Kemudian, berdasarkan mapping kerawanan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorismedan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antarkelompok pemuda atauantarkampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.
Untuk itu, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dll.

Sementara untuk wilayah Polres Sijunjung, personel gabungan yang dilibatkan adalah 311 personel. Dan Pos pengamanan Operasi Lilin 2020 bertempat di Kiliran Jao, Kecamatan Kamang Baru, dengan 40 personel yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, dan Dinas Kesehatan.

Dirinya berharap agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan semestinya.

“Semoga Nataru tahun ini bisa berjalan dengan aman, lancar, dan tidak lupa tentunya kita semua masih suasana pandemi. Prokes terus dikedepankan,” jelas Kapolres Sijunjung.

Untuk diketahui, Operasi Lilin 2020 ini akan digelar selama 15 hari, mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. (Mendrofa/Humas)