Nagari Kumanis Sijunjung Juara 1 Penilaian Kompetensi dan Transparansi Dana Desa 2020 di Sumbar

759

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Luar biasa. Setelah berhasil meraih penghargaan Top 45 dari Kemen-PANRB dan IGA dari Kemendagri, kini Kabupaten Sijunjung kembali meraih penghargaan yang luar biasa.

Penghargaan itu diterima Nagari Kumanis Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Nagari yang dipimpin Sumiki Kamel itu berhasil menjadi juara satu nagari tertransparansi di Sumbar tahun 2020.

Nagari Kumanis menjadi nagari terbaik dalam pemuncak Penilaian Kompetensi dan Transparansi Dana Desa 2020. Hal itu dibuktikan dengan pemberian Trophy dan Piagam Penghargaan serta hadiah uang senilai Rp. 10 Juta yang diserahkan Hari Senin (21/12/2020) pada acara Pembukaan Rapat Kordinasi Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa Sumbar 2020, di Hotel Pangeran Beach, Padang.

Penyerahan dilakukan Gubernur Sumbar diwakili Asisten Pemerintahan Devi Kurnia, SH.,MM., yang didampingi Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM., Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus, S.Sos., Kepala Kanwil Dirjen Anggaran Sumbar, Kabid Pemerintahan Nagari Dinas PMD Sumbar Azwar, SE., M.Si., dan seluruh Tim Penilai Kompetensi dan Transparansi Dana Desa 2020

Dalam Penilaian Kompetensi dan Transparansi Dana Desa 2020 Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung tampil sebagai Terbaik I, disusul Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat sebagai Terbaik II dan sebagai Terbaik III adalah Nagari Koto Bangun, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota.

Gubernur Sumbar yang diwakili Asisten Pemerintahan Devi Kurnia mengatakan, saat ini tidak ada yang bisa dirahasiakan lagi dalam administrasi pemerintahan.

“Semua harus terbuka dan transparan sesuai dengan kehendak Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik. Jika ada pejabat publik, termasuk Wali Nagari, yang mencoba menutupi informasi pemerintahan apalagi menyembunyikannya, akan berhadapan dengan hukum,”ujar Devi Kurnia.

Karena itu, Devi Kurnia mengajak seluruh aparatur pemerintahan di semua tingakatan untuk selalu bersikap terbuka kepada masyarakat dari setiap tahapan penyelenggaraan pemerintahan.

“Kelola Dana Desa dengan prinsip transparan sejak perencanaan, pelaksanaan, hingga monitoring dan evaluasi. Jika aparatur terbuka, menimbulkan kepercayaan dan pasti partisipasi masyarakat akan meningkat,” ujar Devi Kurnia lagi.

” Alhamdulilah Nagari Kumanis berhasil meraih juara pertama dalam penilaian kompetensi dan transparansi dana desa tahun 2020. Penyerahan piagam dan tropy diserah kan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I bidang pemerintahan Bapak Devi Kurnia. Penilaian Lomba Kompetensi dan transparansi Dana desa yang dilakukan pada tanggal 25 November 2020 oleh Tim Penilai dari Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan tersebut Tim penilai kompetensi dan transparansi Dana desa memberikan apresiasi positif terhadap Nagari Kumanis yang menggunakan dana desa tidak hanya untuk fisik, tapi juga untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat dan terutama untuk peningkatan pendapatan asli Nagari (PAN) melalui badan usaha Nagari (Bumnag),”papar Kadis PMN Sijunjung, Khamsiardi,S.STP,MSi pada Jurnalsumbar.com Selasa (22/12/2020).

Disebutkan Ardi, begitu sapaan akrab mantan Camat Teladan IV Nagari itu, bahwa dalam penilaian kompetensi dan transparasi dana desa yang dinilai ada beberapa point .

“Pertama tentang perencanaan nagari dalam penyusunan perencanaan kegiatan nagari seperti RKP Nagari sesuai dengan tahapannya. Kedua tentang pelaksanaan Inovasi Dana desa. dan point ketiga tentang publikasi dan transparansi,”papar Ardi. ius