Vaksinasi Covid-19 Bagi Nakes Pessel Dimulai, Plh Sekda Muskamal; Targetkan Vaksinasi Selesai Januari

305

JURNAL SUMBAR | Painan – Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan, Muskamal, mengharapkan, pelaksanaan vaksinasi covid 19 bagi tenaga kesehatan tuntas bulan januari ini.

“Sampai Sabtu lusa minimal 40 % dari 1805 tenaga kesehatan selesai dilakukan vaksinasi, sisanya dituntaskan di minggu terakhir bulan ini,” kata Muskamal, usai meninjau pelaksanaan vaksinasi covid 19 di Puskesmas Salido Kecamatan IV Jurai dan Pasar Baru Kecamatan Bayang, Kamis (21/1/2021).

Dalam peninjauan tersebut Plh Sekda didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. H. Satria Wibawa dan Kabag Humas dan Protokoler Setda, Rinaldi.

Menurutnya, untuk suksesnya pelaksanaan vaksinasi covid 19 diharapkan dukungan segenap komponen masyarakat terutama tenaga kesehatan. Karena vaksinasi sangat penting guna memutus rantai penyebaran covid 19 dapat diujudkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Satria Wibawa, mengemukakan, pihaknya optimis pelaksanaan vaksinasi covid 19 bagi tenaga kesehatan akan tuntas pada bulan.

Dikatakan, pihaknya menargetkan hari ini seluruh puskesmas di kecamatan sudah menerima vaksin dan selanjut dilakukan vaksinasi bagi tenaga kesehatan yang ada di puskesmas.

“Empat puskesmas yakni Puskesmas Lumpo, Salido di Kecamatan IVJurai, Puskesmas Pasar Baru Bayang dan Puskesmas Surantih vaksinasi sudah dimulai hari ini,” kata Satria.

Dalam kunjunģannya Plh. Sekda Muskamal bersama Kadis kesehatan, menyaksikan pelaksanaan vaksinasi pertama di Puskesmas Salido dan Puskesmas Pasar Baru.

Kepala Puskesmas Salido, Adriani, mengatakan di Puskesmas Salido terdapat 106 orang tenaga kesehatan. Pelaksanaan vaksinasi pertama bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Salido diikuti oleh Elly Febriani, Amd Keb, merupakan bidan di Puskesmas Salido.

Sementara di Puskesmas Pasar Baru, terdapat 79 tenaga kesehatan. Sedangkan vaksinasi pertama dilakukan langsung oleh Kepala Puskesmas setempat, dr. Reny Marina.

Sebagai peserta melaksanakan vaksinasi, dr. Reny mengaku tidak merasakan gejala atau reaksi buruk dari vaksinasi. ” Alhamdulillah saya baik baik saja pasca divaksin, tidak pusing atau gejala lainnya,” katanya.

Untuk itu, dr Reny mengimbau tenaga kesehatan memantapkan niatnya mengikuti vaksinasi, dalam rangka mensukseskan program vaksinasi covid 19 ini.R