Peluang Terbuka Lebar, Sekdakab Zefnihan dan Kadis Kesehatan Sumbar Kandidat Plh Bupati Sijunjung

1333

JURNAL SUMBAR | Sijunjung – Seiring dengan Radiogram nomor 121/672/SJ tertanggal 10 Februari 2021, Menteri Dalam Negeri Jenderal (Purn) Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D menunjuk Sekretaris Daerah Provinsi, kepada tujuh Sekdaprov yang daerahnya melaksankan Pilgub di Indonesia, termasuk di Sumbar sendiri. Mendagri juga telah menunjuk Drs. Alwis, MM sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumbar melalui radiogram.

Tujuh provinsi dimaksud adalah Bengkulu, Jambi, Kalimantan Selatan, Kaltara, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara dan Sumatera Barat. (baca; jurnalsumbar.com).

Terkait Plh, bukan tak mungkin di Kabupaten Sijunjung juga bakal dijabat pelaksana harian (Plh) Bupati atau Pejabat Bupati (Pj). Pasalnya, pada 16 Februari 2021 mendatang, jabatan Bupati Sijunjung-Wabup Sijunjung yang diemban.Yuswir Arifin – Arrival Boy bakal segera berakhir.

Sementara, meski sudah ada calon bupati terpilih suara terbanyak harus menunggu proses hasil akhir Mahkamah Konstitusi (MK) yang masih digelar. Untuk itu, mau tidak mau jabatan bupati harus diisi baik oleh Plh maupun Pj Bupati. Siapakah..?

Dari informasi yang dihimpun Jurnalsumbar.Com, jika mengacu pada Radiogram nomor 121/672/SJ tertanggal 10 Februari 2021, Menteri Dalam Negeri Jenderal (Purn) Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D, maka bukan tak mungkin jabatan Plh Bupati Sijunjung juga bakal dijabat Sekda.

Zefnihan, A.P, M.Si sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung pun sangat tepat dan pantas untuk menduduki posisi tersebut. Karena Zefnihan dinilai paham dan mengetahui seluk bekuk Kabupaten Sijunjung.

Terkait hal itu, Zefnihan terlihat ogah, dan terkesan mengelak untuk memangku jabatan tersebut. “Kalau ada yang lain biarlah yang lain, dan kalau itu sebuah amanah, yaa..mau tak mau amanah itu diemban dipundak,”ucapnya suatukali via telepon selularnya.

Selain nama Zefnihan, nama Kadinkes Prov Sumbar, Arry Yuswandi, SKM, MKM  juga disebut-sebut sebagai kandidat Pj Bupati Sijunjung. Kabarnya, Arry Yuswanda sudah mengenal Kabupaten Sijunjung lebih dari 16 tahun. Pasalnya, selama 16 tahun itu ia telah mengabdi sebagai ASN di Ranah Lansek Manih.

Terkait hal tersebut Arry yang ditanya hanya tersenyum. “Soal itu kita serahkan saja pada putusan gubernur,”ucapnya suatukali.

Nah, semua itu tidak terlepas dari Keputusan Plh Gubenur Sumbar siapa yang bakal menduduki Plh atau Pj Bupati Sijunjung. Sebab, peluang terbuka lebar untuk kedua kandidat tersebut.

Sejumlah tokoh masyarakat Sijunjung berharap, jabatan Plh maupun Pj Bupati diinginkan dijabat para pejabat yang tahu seluk-beluk Sijunjung. “Diharapkan gubernur menunjuk orang yang paham Sijunjung lah,”kata sejumlah tokoh masyarakat Sijunjung kepada Jurnalsumbar.Com belum lama ini.

Sekedar diketahui, Bupati Sijunjung, Sumbar, Yuswir Arifin, pada Senin, 9 Oktober 2017 silam, melantik dan mengambil sumpah jabatan, Zefnihan, A.P, M.Si sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) .

Zefnihan yang sebelumnya menjabat sebagai Kadis Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan itu, ternyata berasal dari Bukittinggi.

Sepak terjang alumnin IPDN dalam membangun wisata Mandeh suatu prestasi yang gemilang yang tak diragukan.

Hal itu terbukti dalam menyulap Geopark Silokek Sijunjung yang kini telah mendunia juga berkat “kakok tangan” Zefnihan bersama Kadis Parpora Sijunjung, Afrineldi dan komando dari Bupati Yuswir Arifin dalam memajukan dan mengembangkan objek wisata di Ranah Lansek Manih dan kemajuan lainnya pun telah dicapai. ius